nusabali

Hari Ini, Logistik Pilkel Serentak Didistribusikan

  • www.nusabali.com-hari-ini-logistik-pilkel-serentak-didistribusikan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng mulai akan mendistribusikan logistik Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak hari ini, Rabu (27/10).

Logistik akan didistribusikan secara bertahap selama dua hari ke depan menggunakan 4 unit armada pick up yang telah disiapkan. Kadis PMD Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena ditemui di ruang kerjanya Selasa (26/10) kemarin mengatakan, pendistribusian akan dilakukan bertahap hingga 40 desa yang akan melangsungkan Pilkel mendapatkan logistik. Seluruh logistik pun disebutnya harus sudah siap di desa H-2 pemilihan yang akan dilaksanakan pada Minggu (31/10) mendatang. Pendistribusian logistik dilakukan setelah timnya selesai melakukan persiapan. Mulai dari pelipatan surat suara hingga perakitan kotak suara.

“Hari ini kami mengecek kelengkapan logistik yang akan disdistribusikan mulai besok (hari ini,red). Pengecekan kami lakukan dengan teliti dan hati-hati sehingga mengurangi potensi kekurangan maupun logistik yang tidak lengkap,” jelas Agus Sumpena. Menurutnya, masing-masing logistik Pilkel sesuai dengan data list terdiri dari surat suara, kotak suara, gembok, bilik, tinta, paku, bantalan, stiker segel gembok dan stiker segel kotak suara.

Jaya Sumpena menerangkan, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 139.160 orang di 40 desa yang melaksanakan Pilkel dan sudah ditambahkan 4 persen. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya kerusakan surat suara, sehingga total surat suara yang disediakan sebanyak 144.726 lembar. Sedangkan untuk kotak suara sebanyak 369 buah.

Sementara itu, dari Senin (25/10) hingga Rabu (27/10) mendatang sebanyak 123 orang calon perbekel diberikan kesempatan untuk berkampanye. Hanya saja kampanye yang dilakukan secara virtual, karena pandemi Covid-19. Selanjutnya panitia menyiapkan 3 hari masa tenang sebelum pemungutan dan penghitunga suara Minggu (31/10) mendatang.

Proses pemungutan dan penghitungan suara pilkel serentak di 40 desa di Buleleng akan dilaksanakan di 319 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Seluruh proses disebut Jaya Sumpena akan diawasi penuh oleh pihak keamanan. Selain pengamanan dari Linmas dan pecalang masing-masing desa, Dinas PMD juga telah melakukan koordinasi dan sinergi dengan Polres Buleleng untuk melibatkan anggota Bhabinkamtibmasnya.*k23

Komentar