nusabali

Tanamkan Semangat Kepahlawanan, Siswa Ikuti Ziarah Wisata

  • www.nusabali.com-tanamkan-semangat-kepahlawanan-siswa-ikuti-ziarah-wisata

BANGLI, NusaBali
Puluhan siswa SD dan SMP mengikuti ziarah wisata di Taman Makam Pahlawan (TMP) Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Senin (25/10).

Ziarah wisata untuk menanamkan semangat kepahlawanan dalam diri siswa. Kabid Pemberdayaan dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Ida Ayu Ketut Anggreni mengatakan, ziarah wisata merupakan salah satu program untuk memberikan edukasi kepada siswa SD dan SMP tentang perjuangan para pahlawan.

Ida Ayu Anggreni berharap semangat para pahlawan bisa ditiru para generasi muda. “Tujuannya untuk menanamkan nilai kepahlawanan. Semangat para pahlawan t bisa diimplementasikan. Contohnya siswa semangat belajar, bisa meraih cita-cita,” ungkap Ida Ayu Anggreni. Program ini rutin dilaksanakan setiap tahun menyasar seluruh kabupaten. Pada tahun 2020 program tidak berjalan karena pandemi Covid-19. Tahun ini bisa terselenggara kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kadis Sosial Bangli, I Wayan Karmawan mengatakan ziarah wisata merupakan program dari Pemerintah Provinsi Bali. Pemerintah Kabupaten Bangli mendukung pelaksanaannya. Siswa yang terlibat yakni siswa SDN 2 Kubu dan siswa SMPN 2 Bangli. Kegiatan dihadiri Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bangli, AA Gde Bagus Ardana. Menurut Wayan Karamawan, program ini salah satu upaya menyampaikan atau mensosialisasikan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda. Di Kabupaten Bangli juga ada program napak tilas dan cerdas cermat untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai kepahlawanan. *esa

Komentar