nusabali

Denpasar Menuju Zona Hijau, Kasus Aktif Tersisa 0,33 Persen

  • www.nusabali.com-denpasar-menuju-zona-hijau-kasus-aktif-tersisa-033-persen

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar kini mulai bisa bernapas lega setelah tren kasus positif Covid-19 semakin menurun.

Kini Pemkot Denpasar terus mengejar target untuk menjadikan Kota Denpasar menjadi zona hijau. Sebab, angka kasus aktif di Kota Denpasar sampai, Senin (25/10) hanya tinggal 126 orang atau 0,33 persen dari total 37.734 kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat diwawancarai, Senin kemarin mengatakan tren penurunan kasus tersebut merupakan upaya dari tim Satgas untuk melakukan vaksinasi, tracing, testing dan razia prokes. Hal itu menurutnya yang paling berpengaruh selain kesadaran masyarakat taat prokes.

Dari 4 kecamatan di Kota Denpasar, satu kecamatan sudah masuk zona hijau dari 11 desa/kelurahan yang ada di kawasan tersebut. Namun, kendati sudah masuk zona hijau, masih ada 5 kasus aktif yang saat ini tengah dalam masa penyembuhan, yakni di Kelurahan Penatih 1 kasus, Desa Kesiman Kertalangu 2 kasus dan Kelurahan Sumerta 2 kasus.

Sementara untuk Kecamatan Denpasar Utara yang memiliki 11 desa/kelurahan, dua di antaranya masih masuk zona kuning dengan kasus aktif 3 kasus ke atas. Wilayah yang masuk zona kuning, yakni Desa Ubung Kaja yang masih memiliki kasus aktif sebnayak 3 orang dan Desa Dangin Puri Kangin yang masih memiliki 9 kasus aktif.

"Sedangkan wilayah yang sudah zona hijau dan masih memiliki kasus aktif, yakni Kelurahan Peguyangan 1 kasus, Kelurahan Tonja 2 kasus dan Desa Dangin Puri Kaja 1 kasus," ungkapnya.

Sementara untuk Kecamatan Denpasar Barat menurut Dewa Rai dari 11 desa/kelurahan sebanyak 9 wilayah sudah masuk zona hijau. Sedangkan dua wilayah masuk zona kuning, yakni Kelurahan Padangsambian dengan 4 kasus dan Desa Dauh Puri Kauh sebanyak 3 kasus. Sedangkan wilayah yang masuk zona hijau dengan kasus aktif, yakni Desa Padangsambian Kelod dengan 2 kasus dan Desa Padangsambian Kaja dengan 1 kasus.

Sedangkan untuk Kecamatan Denpasar Selatan yang memiliki 10 desa/kelurahan masih memiliki kasus paling tinggi. Total wilayah yang masuk zona kuning saat ini sebanyak 6 wilayah, yakni Desa Pemogan dengan 6 kasus, Kelurahan Pedungan dengan 6 kasus, Desa Sidakarya dengan 6 kasus, Kelurahan Renon dengan 3 kasus, Kelurahan Panjer dengan 9 kasus, dan Kelurahan Sanur dengan 3 kasus.

Sementara untuk zona hijau yang masih memiliki kasus aktif, yakni Kelurahan Sesetan dengan 1 kasus dan Desa Sanur Kauh 1 kasus. "Denpasar Selatan ini yang kasusnya masih tinggi. Sehingga, nantinya petugas akan lebih gencar ke wilayah tersebut untuk melakukan tracing, testing dan razia kepatuhan protokol kesehatan. Selain itu karena ada yang vaksinasinya tercecer kita gencarkan vaksinasi door to door. Jadi semua bergerak fokus ke zona kuning untuk menuju Denpasar zona hijau," tandas Dewa Rai.

Sementara secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar hingga, Senin kemarin tercatat 37.734 kasus, pasien sembuh 36.614 orang  (97,04) persen), meninggal dunia sebanyak 994 orang (2,63 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 126 orang (0,33 persen). *mis

Komentar