nusabali

Pengabenan Seniman Nyeraki I Nyoman Cerita Iringi Tari Satya Brasta Hingga Barong Api

  • www.nusabali.com-pengabenan-seniman-nyeraki-i-nyoman-cerita-iringi-tari-satya-brasta-hingga-barong-api

GIANYAR, NusaBali
Tari Satya Brasta mengiringi prosesi pengabenan seniman nyeraki alias serba bisa I Nyoman Cerita, Redite Pon Julungwangi, Minggu (24/10) siang.

Sejumlah penari yang merupakan anak didik almarhum menari dari rumah duka di Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar,  sampai di Setra Dalem Desa Adat Singapadu. Ada juga pengiring menarikan tari Barong Api.

Menurut Sinta Devi, salah seorang anak didik almarhum,  tarian Satya Brasta ditarikan oleh perkumpulan Seniman Singapadu dan anak didik almarhum seantero Bali.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada mahaguru Nyoman Cerita. Karena almarhum berjasa dalam penciptaan dan pengembangan seni di Bali hingga mengharumkan nama Singapadu. "Ini spontan dari seniman-seniman Singapadu dan murid, ada juga dari luar Singapadu yang ikut," ujar Sinta Devi seniman muda, satu desa dengan almarhum.

Tarian Satya Brasta dipilih, lanjut Sinta dewi, karena tarian ini adalah ciptaan Nyoman Cerita tahun 1989 silam yang masih fenomenal hingga saat ini. Ada sejumlah seniman mengenakan kostum Tarian Barong Api yang diciptakan tahun 2015. Para seniman tersebut menari sepanjang jalan.

Diawali dari Lembu hitam sebagai tempat pembakaran, kemudian perlengkapan upacara, berikutnya para seniman tari dan terkahir bade atau wadah jenazah menuju perabuan.

Sebelumnya, diberitakan maestro tari Bali Dr I Nyoman Cerita SST MFA asal Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar meninggal pada Senin (18/10) sore. Pencipta tari kreasi baru Satya Brasta tahun 1989 meninggal di usia 60 tahun.  Sebelum meninggal, Nyoman Cerita sempat dilarikan ke RS Ganesha di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati pada Senin (18/10) dini hari dengan keluhan sesak bagian ulu hati. Sempat dikira membaik, namun akhirnya Nyoman Cerita menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 19.45 Wita.

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, dan kemudian meninggal Nyoman Cerita nampak sehat tidak ada mengeluhkan terkait kondisi kesehatan yang dialaminya. Bahkan Dosen ISI Denpasar yang malang melintang keliling dunia membawa misi kesenian ini sempat sehari melatih tari kebesaran di SMPN 1 Singaraja.

Seniman muda I Wayan Gede Aditya Pratita mengungkapkan karya tari yang ikut prosesi pengabenan Nyoman Cerita digelar secara spontanitas. Tidak saja Tari Satya Brasta dan Barong Api, juga ada Tari Garuda Wisnu dan Tari Kelinci. "Adapun yang mengantarkan beliau ke peristirahatan terakhirnya adalah karya tari yang beliau ciptakan, sangat fenomenal sampai sekarang. Dibawakan langsung oleh para murid-murid beliau. Ini bentuk penghormatan dan rasa terimakasih kami kepada beliau yang telah membimbing kami sehingga sampai bisa menjadi seniman seperti sekarang ini," jelas Seniman muda asal Banjar Palak, Desa Sukawati yang akrab disapa Yande ini.  Ide tersebut muncul, kata Yande bermula dari mimpi. "Kebetulan saya dan Braban Sunarta bermimpi yang sama. Didatangi oleh beliau dalam mimpi, diajak ngobrol," imbuhnya. *nvi

Komentar