nusabali

Kopdit Kubu Bingin Gelontor Disabilitas Sembako

  • www.nusabali.com-kopdit-kubu-bingin-gelontor-disabilitas-sembako

GIANYAR, NusaBali
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Kubu Bingin (KKB) Bali konsisten menggerakkan program bakti sosial (baksos) di tengah pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.

Koperasi yang berkantor pusat di Jalan Ir Sutami, Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar ini memberikan bantuan paket sembako kepada 101 penyandang disabilitas di Desa Kemenuh, Sabtu (23/10).

Paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Ketua Pengurus KSP-KKB Bali I Nyoman Arjawa kepada  Perbekel Kemenuh I Dewa Nyoman Neka dan perwakilan warga disabilitas di desa setempat. Selanjutnya, ratusan paket ini disebarkan oleh pihak desa kepada warga penyandang.

Nyoman Arjawa menjelaskan, program baksos ini bertujuan utama membantu ratusan warga penyandang disabilitas yang kondisi ekonominya makin terpuruk karena pandemi. Baksos serangkaian peringatan HUT ke-23 Kopdit Kubu Bingin dan peringatan HUT Kredit Union Dunia tahun 2021. Dia menyebut puncak perayaan HUT Kopdit Kubu Bingin, 23 Oktober 2021, berupa tumpengan yang dibuat dengan sangat sederhana karena pandemi. Acara hanya dihadiri oleh pengurus pengawas dan manajemen Kopdit Kubu Bingin.

Dia mengatakan, anggaran untk kegiatan ini diambilkan dari dana sosial Kopdit Kubu Bingin tahun buku 2021. Dana ini ditambah dengan sumbangan sukarela dari seluruh pengurus, pengawas, penasehat, dan manajemen. ‘’Karyawan Kopdit juga berpartisipasi menyumbangkan dana seikhlasnya kepada panyandang disabilitas ini,’’ papar seniman serba bisa asal Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini. Setiap paket sembako berisi beras, telur, dan mie.

Nyoman Arjawa menyebut baksos ini merupakan program kerja dari kepengurusan Kopdit Kubu Bingin tahun 2021. Kegiatan ini juga sebagai bukti bahwa manfaat koperasi ini benar-benar dirasakan oleh anggota dan masyarakat luas. Dia mengaku bersyukur dengan aktivitas Kopdit Kubu Bingin. Karena pandemi ini masih memacetkan hampir segala sektor usaha, terutama di Bali dengan pariwisatanya. ‘’Di tengah pandemi ini, Kopdit Kubu Bungin tak sampai hilang aktivitas, sebagaimana terjadi pada pelaku usaha lain, termasuk koperasi,’’ jelasnya.

Untuk diketahui, KSP Kopdit Kubu Bingin Bali meraih SHU (Sisa Hasil Usaha) Rp 205.073.833 atau 38,86 persen dari target Rp 527.689.325, tahun buku 2020. SHU tahun 2019 kopdit ini Rp 480.661.031. Hal itu terungkap dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-22 Tahun Buku 2020, Minggu (21/2) lalu.

Kopdit Kubu Bingin Bali berdiri tahun 1998, berkantor pusat di Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh. Kini memiliki empat kantor cabang yakni di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Desa/Kecamatan Tegallalang, Klungkung, dan Desa/Kecamatan Selat, Karangasem. Total anggota 2.591 orang. Aset tahun 2020 Rp 20.554.480.510. Tahun 2020, pengurus koperasi menyelesaikan pembangunan gedung serba guna berlantai 2 bernilai Rp 864.047.054 di kantor pusat. *lsa

Komentar