nusabali

Hari Dharma Karyadhika, Gelar Donor Darah dan Bagi Sembako

  • www.nusabali.com-hari-dharma-karyadhika-gelar-donor-darah-dan-bagi-sembako

NEGARA, NusaBali
Dalam rangka Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2021, Rutan Kelas IIB Negara bekerjasama dengan PMI Kabupaten Jembrana menggelar donor darah di tempat parkir petugas Rutan Negara, Jalan Wijaya Kusuma, Lingkungan/Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, Kamis (21/10).

Di samping donor darah, juga dilaksanakan aksi berbagi sembako kepada sejumlah warga terdampak Covid-19 yang berada di wilayah Lingkungan Baler Bale Agung.

Kegiatan donor darah di Rutan Negara diikuti 53 peserta. Dari 53 peserta donor itu, ada 46 kantong darah yang berhasil diambil, 1 orang gagal dalam proses pengambilan darah, dan 6 orang tidak lolos screening. Enam orang yang tidak lolos screening disebabkan oleh 2 orang HB tinggi, 2 orang HB rendah, 1 orang tensi tinggi, dan 1 orang mengkonsumsi obat sehingga tidak bisa dilakukan donor darah.

Selain donor darah tersebut, pihak Rutan Negara juga melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Lingkungan Baler Bale Agung. Sebanyak 50 paket bantuan sosial dibagikan kepada masyarakat yang dipusatkan di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Rutan Negara.

“Untuk (menentukan) penerima bantuan, kami koordinasi dengan Kepala Lingkungan Baler Bale Agung. Adapun paket bansos yang diberikan terdiri dari kebutuhan pokok berupa beras, minyak goreng, dan telur yang dananya terkumpul dari dana sukarela pegawai rutan,” ujar Kepala Rutan Negara Bambang Hendra Setyawan.

Di samping dua kegiatan itu, sambung Hendra, dalam rangkaian HDKD 2021, juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan hukum bagi 32 orang warga binaan di Rutan Negara. Penyuluhan diberikan langsung oleh tim Divisi Pelayanan Hukum dari Kanwil Kemenkum HAM Bali. *ode

Komentar