nusabali

Panitia Mulai Lipat Surat Suara

Persiapan Logistik Pilkel Serentak di Buleleng

  • www.nusabali.com-panitia-mulai-lipat-surat-suara

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah pegawai di Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buleleng meski sedang libur, Rabu (20/10), mereka tetap bekerja.

Mereka melipat ribuan surat suara untuk persiapan logistik pemilihan perbekel (pilkel) serentak di 40 desa se–Kabupaten Buleleng yang akan dilangsungkan pada Minggu (31/10) mendatang.

Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dinas PMD Buleleng Rai Gede Arisudana, saat ditemui Rabu kemarin, mengatakan di sisa waktu H-10 sebelum pencoblosan, penyiapan logistik dilakukan maksimal. Sebab seluruh logistik yang diperlukan dalam proses pemilihan nanti sudah mulai didistribusikan ke masing-masing desa pada 27 – 30 Oktober mendatang.

“Karena tidak bisa diselesaikan dalam waktu sehari, kami mulai kerjakan di hari libur ini. Besok (hari ini) akan dibantu seluruh staf PMD, targetnya untuk pelipatan surat suara sudah beres dalam tiga hari,” kata Rai seizin Kepala Dinas PMD I Nyoman Agus Jaya Sumpena.

Dari 40 desa yang menyelenggarakan pilkel serentak tahun ini dengan 123 calon perbekel, ada 139.160 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun Dinas PMD kini menyiapkan sebanyak 144.762 lembar surat suara. Rai mengatakan kelebihan pencetakan surat suara sebanyak 4 persen itu, untuk berjaga-jaga kalau ada surat suara yang rusak dalam pencetakan dan distribusi. Termasuk potensi adanya pemilih tambahan.

Proses pelipatan surat suara di hari pertama untuk logistik pilkel di Kecamatan Tejakula sebanyak 3 desa dan Kecamatan Busungbiu sebanyak 2 desa. Sedangkan sisanya akan dilanjutkan bertahap dan ditarget tuntas pada Senin (25/10) mendatang.

Sementara itu selain menyiapkan logistik Pilkel Serentak, Dinas PMD segera akan melakukan penguatan panitia di tingkat desa. Penguatan kapasitas akan menyasar Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). “Penguatan kapasitas itu wajib kami lakukan, karena pemilihan tahun ini diselenggarakan di tengah pandemi. Ada beberapa hal yang memerlukan prokes ketat,” ucap Rai. *k23

Komentar