nusabali

Status PPKM Level 2, Adi Arnawa Ingatkan Tetap Waspada

Hadiri Karya di Pura Penyarikan Tuban

  • www.nusabali.com-status-ppkm-level-2-adi-arnawa-ingatkan-tetap-waspada

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, kendati status Bali sekarang ada di level 2.

Sebab, pandemi Covid-19 masih terus berlangsung hingga saat ini. “Di sini perlu juga saya ingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih ada di sekeliling kita. Walaupun status Bali sekarang ada di level 2, kita harus tetap berhati-hati dan waspada,” ujar Adi Arnawa, di sela-sela menghadiri Karya Mamungkah Rsi Gana lan Padudusan Alit di Pura Penyarikan, Rabu (20/10), di Desa Adat Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Apalagi dalam melaksanakan upacara yadnya, lanjut Adi Arnawa, tentu melibatkan orang banyak, makanya semua wajib tetap secara disiplin melaksanakan prokes. Pihaknya sangat mengapresiasi semangat dan komitmen krama Banjar Pesalakan, Desa Adat Tuban, dalam menggelar upacara suci yang puncaknya terlaksana bertepatan dengan Purnama Kelima itu. Terlebih, terlaksana atas swadaya murni krama. Disadarinya, itu tentu bukanlah hal mudah. Apalagi itu digelar di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih menghantui gerak langkah dalam menjalankan upacara adat keagamaan.

“Tapi krama Banjar Pesalakan, Desa Adat Tuban ternyata dengan hati besar, tulus ikhlas, dan itikad baik yang ning nirmala dapat melaksanakan karya suci ini secara sukses dan lancar sesuai harapan. Ini merupakan stiti bhakti kita kepada batara-batari yang berstana di palinggih Pura Penyarikan Banjar Pesalakan Tuban,” kata Adi Arnawa.

Turut hadir anggota DPRD Badung Dapil Kuta yakni I Gusti Anom Gumanti dan Ni Luh Gede Sri Mediastuti, Camat Kuta Nyoman Rudiarta, Tripika Kuta, krama Banjar Pesalakan Desa Adat Tuban, serta penglingsir dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara, selaku Prawartaka Karya, Kelian Adat Banjar Pesalakan Tuban I Wayan Japa Munarta menyampaikan terima kasih atas hadirnya Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Pemerintah Kabupaten Badung. Rasa terima kasih juga disampaikannya kepada segenap krama, yang telah memberikan doa dan restu sejak pembangunan Pura Penyarikan hingga digelarnya Karya.

“Tidak lupa kami mengucapkan apresiasi kepada pemerintah dan krama banjar yang dengan penuh ketulus ikhlasan dapat membangun Pura Penyarikan hingga terlaksananya upacara suci ini. Hal ini adalah wujud rasa bhakti dan syukur, sekaligus menambah semangat kerja demi menjaga agama, adat, seni, dan budaya bernafaskan Hindu Bali,” katanya.

“Terkait pembiayaan pembangunan dan pelaksanaan upacara ini, adalah murni dari kas Banjar Pesalakan Tuban dengan nilai sebesar Rp 1 miliar,” imbuhnya. *asa

Komentar