nusabali

Kementerian PUPR Kunjungi TOSS Center

  • www.nusabali.com-kementerian-pupr-kunjungi-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
Rombongan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengunjungi TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (19/10).

Kunjungan ini guna mempelajari dan mengamati proses pengolahan sampah serangkaian percepatan penanganan sampah di wilayah Sarbagita (Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan).

Rombongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terdiri dari Direktur Sanitasi Prasetyo, Kepala Subdirektorat Perencanaan Teknis Direktorat Sanitasi Marsaulina Pasaribu, dan Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Utama Direktorat Sanitasi Rina Agustin Indriani.

Direktur Sanitasi Prasetyo menyampaikan apresiasi atas apa yang telah diraih dan berbagai upaya Pemkab Klungkung dalam menangani permasalahan sampah melalui teknologi TOSS ini. Menurutnya TOSS menjadi salah satu inspirasi. Karena teknologi ini berupaya mengurangi sampah dari sumbernya. Dirinya mengakui tidak mudah untuk mengelola sarana pengolahan sampah seperti TOSS. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak dan yang paling penting adalah komitmen dari pengelola. "Kami berkomitmen atas apa yang sudah dicapai Kabupaten Klungkung sangat layak mendapat reward," ujar Prasetyo.

Bupati Suwirta menyampaikan untuk mengatasi persoalan sampah tidak hanya memerlukan dana yang besar, namun juga komitmen pemerintah baik itu pemerintah pusat dan daerah serta dukungan dari masyarakat. Bupati menambahkan meski TOSS telah berjalan, namun masih menghadapi kendala dimana TOSS memerlukan gedung yang lebih luas dan penambahan mesin pengolah sampah guna mengurangi volume sampah residu. Untuk itu bupati sangat berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat membantu mewujudkan apa yang menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam menangani persoalan sampah.

"Kami akan usulkan lagi pembangunan satu unit gedung dan beberapa peralatan sehingga akan mempercepat pekerjaan pengolahan sampah," ujar Bupati Suwirta.

Bupati juga sedang mengupayakan penataan lingkungan sekitar TOSS. Sehingga menjadi tempat edukasi dan rekreasi bagi siapapun untuk mengetahui tentang pengolahan sampah menjadi listrik, pupuk dan lokasi pembibitan tanaman. "Semoga pemerintah pusat akan membantu mewujudkannya," ujar Bupati Suwirta.*wan

Komentar