nusabali

Sejak Awal Siap Geser Jateng

KONI Bali soal Tembus Lima Besar di Papua

  • www.nusabali.com-sejak-awal-siap-geser-jateng

Kami hanya mampu meraih 28 medali emas, jumlah itu sudah cukup untuk melampaui raihan medali emas Jateng yang meraih 27 medali emas.

DENPASAR, NusaBali

KONI Bali mengakui sejak awal memang berkeinginan besar menggeser Jawa Tengah dari posisi lima besar pada klasemen akhir PON XX 2020 Papua. Optimisme itu terwujud dengan kalkulasi awal KONI mematok target 30 medali emas.

"Kami hanya mampu meraih 28 medali emas, jumlah itu sudah cukup untuk melampaui raihan medali emas Jateng yang meraih 27 medali emas," ucap Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi, Selasa (19/10).

Menurut Suwandi, target 30 medali emas cukup dipertanyakan, namun pada akhirnya Kontingen Bali mampu mendekati target, dengan kebenaran lebih dari 90 persen. Suwandi mengatakan, sport intelejen diperdalam untuk mengetahui kantong-kantong medali emas atlet Jawa Tengah.

Menurutnya, semua pengurus termasuk atlet berpengalaman ikut diminta mengecek kekuatan Jateng menjelang tiga hari pertandingan berakhir. Dengan berbagai pertimbangan data dan informasi yang ada, kata Suwandi, dia berani memastikan mengunci posisi lima besar menjelang satu hari penutupanpada 15 Oktober lalu.

"Kalau mendekati medali emas Jabar, DKI Jakarta, Jatim, dan Papua kita sulit, salah satu incaran kami menggeser Jateng saja. Dan, astunkara terwujud di PON XX 2020 Papua," tutur Suwandi, yang juga mantan Ketua Umum KONI Badung itu.

Sementara Sekum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengatakan, masuk lima besar dengan menggeser Jateng menjadi prestasi sangat mengejutkan. Sebab, sebelumnya Bali selalu di peringkat enam besar.

"Soal kekurangan target dua medali emas itu hanya margin error yang sangat kecil. Malah perolehan medali di PON Papua meningkat dari PON 2016 hanya meraih 20 emas meningkat menjadi 28 emas,” tegas Oka Darmawan yang juga Ketua Umum Pengprov Perbasi Bali.

Sementara itu, kontingen Bali akhirnya meraih 28 medali emas dari 12 cabor, meski sebelumnya mentargetkan meraih 30 medali emas. Rinciannya, cabor Judo meraih 6 medali emas, Tarung Derajat 4 emas, Atletik 4 emas, Cricket 3 emas, Kempo 2 emas, dan Karate 2 emas.

Sedangkan Menembak, Renang, Pencak Silat, Tinju, Panjat Tebing, Taekwondo, dan Layar masing - masing menyumbangkan 1 medali emas. Ke-12 Cabor tersebut juga berhasil meraih medali perak dan perunggu. *dek

Komentar