nusabali

Abpednas Bali Komit Tingkatkan Peran Kawal Pembangunan Desa

  • www.nusabali.com-abpednas-bali-komit-tingkatkan-peran-kawal-pembangunan-desa

GIANYAR, NusaBali.com - Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Provinsi Bali peringati HUT ke-1, Minggu (17/10/2021),di Rumah Makan Bendega Wisata Kuliner Pantai Lebih, Kecamatan Gianyar.

Asosiasi meminta, BPD seluruh Bali komitmen meningkatan peran strategis dalam mengawal pembangunan desa. 

DPP Abpednas Deny Purnamaningtyas dan I Komang Warsa menekankan bahwa asosiasi ini memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai alat komunikasi. Sekaligus merupakan wadah aspirasi dari seluruh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menuju tata kelola pemerintahan di masing-masing Desa. 

Pada kesempatan itu juga diharapkan, BPD dapat merealisasikan Empat Pilar diantaranya, peningkatan kapasitas SDM, pendirian Koperasi Abpednas berbasis UKM, optimalisasi media dan teknologi informatika, serta penguatan kelembagaan melalui rencana aksi. 

Sementara itu Ketua Abpednas Provinsi Bali I Wayan Madra Suartana mengatakan asosiasi ini dikukuhkan setahun lalu oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Hanya saja belum banyak program yang terealisasi karena dampak pandemi covid-19. 

"Selain karena Pandemi Covid-19, tersendatnya kegiatan karena belum adanya sinkronisasi diantara mitra Kerja di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, " ungkap Madra Suartana. 

Maka itu, HUT perdana ini diharapkan menjadi momentum terjalinnya komunikasi antara BPD seluruh Bali. "Terima kasih, jajaran pengurus Abpedmas Bali yang hari ini hadir ditengah kesibukan dan masih dalam suasana Pandemi, " jelas Madra. 

Madra mengatakan dalam anggaran dasar Abpedmas menyebutkan bahwa tujuan asosiasi ini didirikan sebagai mitra pemerintah dalam dalam upaya mempercepat pembangunan yang ada di Desa, serta sebagai wadah konsolidasi pemersatu antar anggota BPD diharapkan terjalin komunikasi dan kerukunan antar masyarakat desa dinas maupun desa adat. 

"BPD memiliki keabsahan atau legitimasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Memiliki tugas yang strategis mewakili masyarakat menyerap mengelola dan menyampaikan aspirasi masyarakat. Juga menjadi penyeimbang jalannya pemerintahan di desa, " jelas Madra. *nvi

Komentar