nusabali

Anak Muda Antusias Ikuti Pelatihan Barbershop di D'Youth Festival

  • www.nusabali.com-anak-muda-antusias-ikuti-pelatihan-barbershop-di-dyouth-festival

DENPASAR, NusaBali
Serangkaian Denpasar Youth Festival 2021, digelar pelatihan barbershop di Gedung Dharmanegara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar, Minggu (17/10).

Pelatihan ini digelar dalam 10 kali pertemuan. Peserta pun antusias, buktinya sebanyak 20 anak muda Denpasar ikut pelatihan ini.  Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana mengatakan dengan pelatihan ini akan memberikan soft skill kepada pemuda Denpasar sehingga akan menjadi lapangan kerja yang bernilai ekonomi. "Mereka nantinya tidak harus kontrak tempat, tapi bisa melakukan usaha tukang cukur rumahan dan promosinya bisa memanfaatkan media sosial," katanya.

Setidaknya, nanti setelah pelatihan ini mereka bisa menggunakan skill-nya untuk mencukur teman se-banjarnya. Selain itu, menurutnya saat ini banyak barbershop yang kekurangan tukang cukur di Denpasar. Sehingga dengan pelatihan ini peserta berpeluang untuk bergabung dengan barbershop tersebut.

"Penyaluran tenaga kerja jadi gampang juga. Terkait pandemi ini juga, kami memberikan peluang usaha dengan cara mendampingi sampai mereka bisa. Setidaknya kami berikan mereka amunisi, bukan berupa uang tapi keterampilan," katanya.  Salah seorang peserta, Kadek Arimbawa mengaku tertarik ikut pelatihan ini karena ingin bisa membuka usaha potong rambut. Setidaknya dia bisa membuka usahanya ini di rumahnya. "Ini bisa menambah skill, nanti bisa membuka usaha sendiri. Apalagi di tengah pandemi Covid-19," ungkap Arimbawa.

Sebelum ikut pelatihan ini, dirinya sudah sering mencoba memotong rambut teman-temannya. Dia berharap dengan pelatihan ini kemampuannya akan meningkat. "Setelah ini saya akan mencoba kerja di barbershop dulu sore-sorenya, nanti kalau ada modal baru buka usaha di rumah," ujar Arimbawa. Sementara itu, panitia pelatihan barbershop Dwi Angga mengatakan pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta. Peserta ini dibagi ke dalam dua sesi, yakni pagi 10 orang dan sore 10 orang. Sementara itu, pelatih dalam kegiatan ini sebanyak 4 orang yang sudah malang melintang dalam dunia barbershop.

Dwi Angga menambahkan peserta diberikan materi terlebih dahulu. Selanjutnya para pelatih mempraktikkan teknik memotong rambut. Setelah itu baru peserta diminta praktik langsung dengan model yang disiapkan masing-masing peserta. Setelah diberikan pelatihan dengan pendampingan sebanyak tiga kali, peserta akan dilepas sendiri untuk memantapkan kemampuannya. "Untuk kali ini pelatihan mencukur rambut bagian samping," imbuhnya. *mis

Komentar