nusabali

Desa Cemagi Revitalisasi Saluran Irigasi Sepanjang 15 Kilometer

  • www.nusabali.com-desa-cemagi-revitalisasi-saluran-irigasi-sepanjang-15-kilometer

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, berencana melakukan revitalisasi atau pembersihan saluran irigasi sepanjang 15 kilometer di Subak Cemagi Yeh Let.

Revitalisasi saluran irigasi yang mengaliri sekitar 300 hektar lahan persawahan tersebut merupakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, membuka secara resmi program PKTD, di Subak Cemagi Yeh Let, Minggu (17/10). Turut hadir anggota DPRD I Wayan Edy Sanjaya, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Cemagi I Putu Hendra Sastrawan, Bendesa Adat se-Desa Cemagi, Kelian Subak, beserta krama subak setempat.

Ketua Panitia I Putu Gede Yoga Saputra, mengatakan program PKTD pada tahun 2021 sengaja difokuskan untuk revitalisasi saluran irigasi Subak Cemagi Yeh Let, sepanjang 15 kilometer. Tujuan dari PKTD di tengah pandemi Covid-19, yakni pemulihan ekonomi, di mana nanti akan melibatkan 120 orang pekerja.

“Selama pengerjaan yang dilakukan 35 hari, tenaga kerja mendapatkan upah Rp 100.000 per hari. Kami berharap uang tersebut akan berputar di Desa Cemagi. Kepada para pekerja, kami juga berharap berbelanja di para pedagang lokal, sehingga pedagang lokal mendapatkan imbas,” harapnya.

Perbekel Cemagi I Putu Hendra Sastrawan, mengatakan wilayah Desa Cemagi terdiri dari satu subak, yakni Subak Cemagi Yeh Let, yang mempunyai 18 munduk/wilayah, terdiri dari satu kelian subak (pekaseh) dengan 18 pangliman (kelian munduk). Di samping itu luas Subak Cemagi Yeh Let sekitar 300 hektar.

“Sesuai dengan arahan dari Pemkab Badung, di samping visi dan misi dari desa terkait, yakni ketahanan pangan, maka program PKTD tahun anggaran 2021, melalui Dana Desa kami arahkan kepada pembersihan saluran irigasi, sekaligus ke depan untuk meningkatkan hasil daripada pertanian,” kata Sastrawan.

Sementara, Sekda Badung Adi Arnawa, mengatakan program Pemerintah Desa Cemagi berkenaan dengan PKTD, intinya melakukan pembersihan aliran sungai di sepanjang Subak Cemagi Yeh Let sekaligus memberdayakan masyarakat setempat. “Mudah-mudahan di balik program PKTD ini, selain dalam rangka pemulihan ekonomi, saluran irigasi Subak kita bisa terjaga dari segi kebersihannya,” katanya. *asa, ind

Komentar