nusabali

Jaya Negara Warning OPD Soal Realisasi Anggaran

Gelar Rakor Evaluasi Triwulan III, Ingatkan Percepatan Serapan Anggaran

  • www.nusabali.com-jaya-negara-warning-opd-soal-realisasi-anggaran

Di sisa waktu kurang lebih 2,5 bulan lagi OPD-OPD terkait diharapkan mampu menyelesaikan target-target pembangunan hingga tuntas 100 persen.

DENPASAR, NusaBali

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menegaskan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib memahami dan fokus terhadap target yang telah ditetapkan. Sehingga dalam seluruh target capaian dapat terlaksana, baik secara fisik maupun keuangan. Seperti diketahui per 11 Oktober 2021, realisasi anggaran belanja Pemkot Denpasar telah mencapai angka 62,69 persen. Realisasinya diharapkan tuntas 100 persen di akhir tahun anggaran.

Hal ini disampaikan Walikota Jaya Negara dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pembangunan Triwulan III yang diikuti seluruh Pimpinan OPD dan Perumda di lingkungan Pemkot Denpasar di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Jumat (15/10).

Rapat Evaluasi ini dilaksanakan lantaran berakhirnya masa Triwulan III dan telah memasuki Triwulan IV. Hal ini diharapkan mampu mengidentifikasi keterlambatan dan masalah guna dapat menciptakan solusi. Sehingga optimalisasi target pembangunan dapat dipenuhi sesuai perencanaan. “Melalui pelaksanaan rapat evaluasi ini kami harapkan dapat memacu semangat para kepala perangkat daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Walikota Jaya Negara.

Jaya Negara menjelaskan pada RPJMD 2021-2026 Pemkot Denpasar merancang anggaran mengacu visi pembangunan, yakni Kota Kreatif Berbasis Budaya menuju Denpasar Maju. Hal inilah yang direalisasikan melalui program prioritas jangka pendek maupun program prioritas jangka menengah dan panjang.

“Sebagai ilustrasi, capaian realisasi anggaran di Kota Denpasar Per 11 Oktober 2021 telah mencapai 62,69 persen, saya harapkan di sisa waktu kurang lebih 2,5 bulan ini mampu menyelesaikan target-target pembangunan hingga tuntas 100 persen,” ujarnya.

“Kita sepakat untuk mempercepat pemulihan ekonomi Kota Denpasar akibat terjadinya pandemi Covid-19 dirumuskan melalui lima prioritas pembangunan meliputi pendidikan, kesehatan, sosial dan ketenaga kerjaan, ekonomi kreatif dan pariwisata, serta infrastruktur,” imbuhnya.

Sementara Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja saat mengawali rapat menjelaskan realisasi program kerja di Pemkot Denpasar. “Tentunya evaluasi ini dilaksanakan guna memastikan seluruh program baik fisik dan realisasi keuangan yang tertuang dalam APBD Kota Denpasar baik induk maupun perubahan tahun 2021 ini dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan, di mana hingga Triwulan III realisasi anggaran belanja Pemkot Denpasar telah mencapai angka 62,69 persen,” ujar Sudewa Atmaja.

Dalam Rapat Evaluasi bertema ‘Kita Mantapkan Capaian Realisasi Pembangunan dengan Spirit Vasudhaiva Khutumbakam Menuju Denpasar Maju’ ini juga hadir Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana. *mis

Komentar