nusabali

Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Dibuka

Pendaftaran Dimulai 18 Oktober, Ada 12 Tahapan Seleksi

  • www.nusabali.com-seleksi-calon-anggota-kpu-bawaslu-dibuka

Timsel memberi kesempatan publik berpartisipasi memberikan masukan atau temuan-temuan terhadap calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI.

JAKARTA, NusaBali

Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI mengumumkan tahapan seleksi Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027. Menurut Ketua Timsel Juri Ardiantoro ada 12 tahapan seleksi yang harus dilewati para calon. Timsel mengundang warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar sebagai Anggota KPU RI dan Bawaslu.

"Hari ini (kemarin) kami menyampaikan tahapan atau jadwal seleksi calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI," ujar Juri saat konferensi pers di gedung Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (15/10). Tahapan dimulai dari pengumuman pendaftaran pada 15-17 Oktober 2021. Lalu penerimaan pendaftaran 18 Oktober-15 November 2021.

Pendaftaran dibuka melalui tiga jalur. Jalur pertama, peserta bisa mendaftar langsung ke sekretariat panitia. Bagi yang tidak sempat daftar langsung bisa melalui jalur pos. Pendaftar juga bisa melalui aplikasi yang disediakan timsel di www.seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id.

Setelah proses pendaftaran akan dilakukan penelitian administrasi dari 10-16 November 2021. Selanjutnya pengumuman hasil seleksi administrasi pada 17 November 2021. Seleksi tertulis dan pembuatan makalah 24-28 November 2021.

Tes psikologi 25 November 2021, pengumuman seleksi tahap dua 3 Desember 2021, tes psikologi lanjutan 9-11 Desember 2021, tes kesehatan 26-30 Desember 2021. Lanjut wawancara calon Anggota Bawaslu RI 26-27 Desember 2021. Sementara wawancara calon Anggota KPU RI 28-30 Desember 2021.

"Lalu kami melakukan pleno untuk menentukan 14 calon Anggota KPU RI dan 10 calon Anggota Bawaslu RI. Nama-nama tersebut, nantinya akan diserahkan ke presiden," imbuh Juri. Juri menegaskan dalam menjalankan tugasnya Timsel akan bekerja secara profesional dan independen. Mereka juga akan melakukan tahapan seleksi secara terbuka untuk menjamin akses keterbukaan informasi publik. Oleh karena itu, Timsel memberi kesempatan publik untuk berpartisipasi memberikan masukan atau temuan-temuan terhadap calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI.

Juri juga memastikan Tim Seleksi bakal bekerja sesuai prosedur. Dia berjanji tidak akan menyalahgunakan tugas dari Presiden Jokowi.

"Kami 11 orang ini sudah bertekad, ini pribadi-pribadi orang yang luar biasa yang pasti menjaga diri dari kemungkinan penyalahgunaan tugas ini," katanya. Dia juga mengatakan seluruh anggota tim seleksi akan meneken pakta integritas. Hal itu bertujuan sebagai komitmen kerja tim seleksi. "Kami sedang proses finishing code of conduct di antara kita ini, jadi kita akan menyusun pakta integritas nanti akan kami sepakati, nanti akan menjadi pegangan di dalam bekerja, mudah-mudahan sampai selesai (proses seleksi) kita bisa bekerja sesuai dengan harapan teman-teman semua, harapan publik semua," tutup Juri. *k22

Komentar