nusabali

Belum Ada Penerbangan Internasional di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-belum-ada-penerbangan-internasional-di-bandara-ngurah-rai

Untuk proses pengajuan slot penerbangan, ada beberapa tahapan yang dilalui, sehingga harus menunggu sepekan

MANGPURA, NusaBali

Hingga hari kedua setelah penerbangan internasional resmi dibuka, belum ada maskapai dari luar negeri yang mengangkut wisatawan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bahkan, kondisi itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga sepekan ke depan. Sebab diterima atau tidaknya permintaan dari maskapai untuk jadwal penerbangan, butuh waktu hingga satu minggu.

“Hingga saat ini belum ada maskapai yang mengajukan penerbangan. Jadi jadwal penerbangan internasional ke Bali belum ada,” ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira, Jumat (15/10).

Menurutnya, meski Bandara Ngurah Rai saat ini sudah menjadi salah satu pintu masuk ke datangan wisatawan, belum ada regulasi resmi yang mengatur penerbangan internasional. Taufan tidak menampik kalau belum adanya regulasi itu diperkirakan menjadi salah satu penyebab belum adanya maskapai yang mengajukan slot penerbangan dari dan menuju bandara tersibuk kedua di Indonesia. “Untuk proses pengajuan slot itu, ada beberapa tahapan yang dilalui, sehingga harus menunggu waktu sepekan,” katanya.

Meski belum ada penerbangan, berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya adalah menggelar simulasi alur proses kedatangan penumpang internasional. Mulai dari wisatawan baru turun dari pesawat, pengurusan dokumen kesehatan dan imigrasi di terminal, hingga menuju ke hotel tempat isolasi.

“Semuanya sudah siap, akmi juga mematangkan sujumlah prosedur di Bandara Ngurah Rai,” tegas Taufan. Hal senada juga disampaikan Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV I Putu Eka Cahyadhi. Dia mengatakan jika sampai saat ini belum menerima satu pun maskapai yang mengajukan slot penerbangan rute internasional dari dan ke Bandara Ngurah Rai. “Sampai saat ini (kemarin) kami belum menerima informasi pengajuan slot,” katanya. *dar

Komentar