nusabali

Jabar Juara Umum PON XX, Ridwan Kamil Ungkap Resep Pertahankan Gelar Juara

  • www.nusabali.com-jabar-juara-umum-pon-xx-ridwan-kamil-ungkap-resep-pertahankan-gelar-juara

JAYAPURA, NusaBali.com - PON XX Papua akhirnya menghasilkan Jawa Barat sebagai  juara umum. Dengan perolehan 133 medali emas, 105 perak dan 115 perunggu, kontingen Tanah Pasundan tidak terkejar, jauh meninggalkan pesaing terdekat DKI Jakarta yang meraih 111 medali emas, 91 perak dan 99 perunggu.

Prestasi apik itu pun mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ,yang datang langsung ke Papua  bertemu para atlet.  Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Jawa Barat layak menjadi juara umum karena proses pembinaan yang memang digenjot dan dikawal sejak awal. 

“Resep Jawa Barat hanya satu yaitu pembinaan yang konsisten dan dimana kami menemukan bibit-bibit ini? Biasa kami menemukan di event-event, mengingat Jawa Barat hobi menggelar event olahraga. Itu mulai dari Pekan Olahraga Daerah, Pekan Olahraga Provinsi, Pekan Olahraga Pelajar, pesantren dan lain-lain,” kata Ridwan di Restoran Sendok Garpu Kotaraja Jayapura, Jumat (15/10/2021). 

Kemudian setelah terpilih, para bibit atlet ini didorong untuk masuk ke sekolah pendidikan latihan olahraga pelajar. Jadi setelah direkrut kemudian dibina dan dikembangkan sambil tetap sekolah.  

“Lalu empat tahun terakhir kami sedang melakukan eksperimen sport sains di mana mengkombinasikan ilmu ketubuhan fisik dengan prestasi. Semisal dengan oksigen tipis, lalu sel darah merahnya lebih banyak dan itu membantu saat bertanding. Hal-hal itulah yang menjadikan Jawa Barat meraih prestasi seperti ini,” urai Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini pun menyebut atlet Jabar sudah membuktikan tak hanya jago kandang, melainkan bisa berprestasi di luar kampung halaman. Jika pada PON XIX/2016 menjadi juara di Jawa Barat, maka kali ini gelar juara diraih di luar kandang. 

“Ini sudah kami buktikan dan nanti di PON XXI yang diselenggarakan di Sumatera Utara dan Aceh, kami akan buktikan lagi,” tegas Ridwan Kamil percaya diri. 

Mengenai rencana kepulangan para pahlawan olahraga Jawa Barat ini, Ridwa kamil menyatakan akan disambut secara resmi oleh pemerintah dan masyarakat Jawa Barat.  Prosesi  kesuksesan menjadi yang terbaik pada PON XX Papua ini akan diupacarakan di Gedung Sate Bandung.  

Bagaimana soal bonus bagi peraih medali? Ridwan Kamil mengakui di masa pandemi, provinsi yang dipimpinnya juga mengalami keterpurukan ekonomi sehingga anyak dilakukan pemotongan anggaran untuk refocusing. Namun dipastikan bonus untuk atlet sudah disiapkan dan aka dibagikan di Gedung Sate Bandung. 

“Untuk bonus nanti kami siapkan, cuma mungkin berkisar ratusan juta rupiah, menyesuaikan dengan kategori olahraganya,”janji Ridwan Kamil. “Jawa Barat harus tetap dikenal ramah, religius, kreatif, pekerja keras dan rajin berolahraga,” tambahnya. 

Sementara itu diminta tanggapan soal pelaksanaan PON di bumi Cendrawasih, Ridwan kamil mengaku berbahagia karena digelar saat kasus Covid sedang surut.  

“Saya bersyukur, Covid surut, pembukaan bagus dan pelaksanaan juga baik, sehingga kami dari Jawa Barat mendorong teman–teman di Papua untuk sukses  penyelenggaraan, sukses ekonomi dan sukses administrasi. Kami juga jadi saksi bahwa Papua aman-aman saja, Papua indah sekali dan warganya ramah-ramah dan kami akan jadi juru bicara,” ucapnya memuji. 

Ia juga menambahkan soal Jawa Barat Sahabat Papua, yang mana sampai kapanpun Papua akan  menjadi sahabat Jawa Barat. “Saya pikir begitu, jika Papua ingin punya teman curhat bisalah ngobrol dengan Jawa Barat dan  Papua akan selalu menjadi sahabat bagi kami,” tutupnya. 

Komentar