nusabali

Dekranasda Denpasar Gelar Monev Dukung Pelaku Usaha IKM/UKM Berinovasi

  • www.nusabali.com-dekranasda-denpasar-gelar-monev-dukung-pelaku-usaha-ikmukm-berinovasi

DENPASAR, NusaBali
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar serta OPD terkait gelar kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), di dua pelaku usaha IKM/UKM, Suka Pandawa Garment dan Bali Decoupage, Kamis (14/10).

Monev dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa bersama Kepala Disperindag Ni Nyoman Sri Utari. “Kegiatan monev Dekranasda Denpasar bersama Disperindag dan OPD terkait sebagai kegiatan rutin untuk bertatap muka dan mengetahui lebih dekat kegiatan kreativitas dan inovasi para pelaku IKM/UKM, serta membahas dukungan program dalam pengembangan hingga promosi,” ujar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa.

Disampaikannya, dalam monev ini pihaknya bersama pelaku IKM/UKM Denpasar bersama-sama melakukan rancangan program untuk tetap bertahan dan bangkit dalam situasi pandemi Covid-19. Pemkot Denpasar bersama Dekranasda di bawah kepemimpinan Ketua Dekranasda Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara terus melakukan langkah program pengembangan dan promosi produk IKM/UKM.

“Saya melihat dalam kunjungan monev ini, pelaku usaha dari Suka Pandawa Garment dan Bali Decoupage dapat bertahan dengan melakukan berbagai inovasi dan kreativitas. Bali Decoupage mencoba peluang dari usaha lainnya yang tidak meninggalkan esensi produk yang dijadikan pakaian jadi, tas, dan kerajinan lainnya,” ujarnya.

Ny Ayu Kristi berharap para pelaku usaha IKM/UKM Denpasar dapat melihat peluang strategi usaha, hingga melakukan perubahan layanan ke online dengan tetap fokus pada tujuan bisnis agar bisa survive. Di samping itu kondisi pandemi menuntut pelaku IKM/UKM melakukan usaha dengan standar prokes serta terus melihat tren perubahan masyarakat, hingga kepuasan konsumen.

Arry Budiawan owner Bali Decoupage menyampaikan terima kasih atas kegiatan monev oleh Dekranasda Denpasar bersama OPD terkait. Dikatakannya, untuk tetap bertahan pihaknya melakukan diversifikasi produk dengan perubahan yang menambah item produk berbasis kain dengan memberikan sentuhan eco print dan natural dye. Langkah ini tidak mengubah esensi dari Decoupage itu sendiri, serta melakukan terobosan dengan kegiatan workshop secara online. *mis

Komentar