nusabali

Komisi II DPRD Badung Inspeksi Sejumlah Akomodasi Wisata

Pastikan Kesiapan Stakeholder Sambut Kunjungan Wisman

  • www.nusabali.com-komisi-ii-dprd-badung-inspeksi-sejumlah-akomodasi-wisata

MANGUPURA, NusaBali
Guna memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang akan datang setelah rute penerbangan internasional mulai dibuka, Kamis (14/10), Komisi II DPRD Badung melakukan inspeksi ke sejumlah akomodasi wisata di wilayah Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Dari pengecekan di lapangan, semua akomodasi wisata itu telah siap dan secara matang mempersiapkan diri menyambut pembukaan gerbang pariwisata internasional.

Ketua Komisi II DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti, didampingi anggota komisi lainnya mengatakan, beberapa akomodasi yang dicek kemarin, yaitu Hotel The Westin Nusa Dua, The Mulia Hotel Nusa Dua, Kagura Restaurant, dan Bebek Bengil Restaurant, Nusa Dua. Selain memastikan implementasi protokol kesehatan (prokes), sertifikasi CHSE, QR Code PeduliLindungi, dan manajemen pengaturan yang dihimbau oleh pemerintah, rombongan Komisi II ini juga memastikan bagaimana SOP mitigasi penanganan wisatawan yang terindikasi positif saat berwisata.

“Inspeksi ini untuk memastikan kesiapan akomodasi pariwisata dalam menyambut kedatangan wisatawan mancanegara, sehingga saat sudah buka, akomodasi ini juga sudah siap,” kata Anom Gumanti.

Dari hasil pengecekan bersama anggota Komisi II DPRD Badung, Anom Gumanti memberikan apresiasi karena akomodasi wisata telah menerapkan segala imbauan dan arahan dari pemerintah dengan baik, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi. “Secara umum mereka sudah sangat siap, baik itu mengimplementasikan prokes, QR Code, sertifikasi CHSE dan aturan lainnya yang dilakukan secara ketat dan disipilin. Regulasi, sarana dan prasarana, serta internet sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, koordinasi di lapangan diakuinya juga sangat baik. Di mana SOP penanganan dan alur skema sudah dimatangkan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Atas kesiapan itu, Pemkab Badung melalui eksekutif dan legislatif menyatakan bahwa Kabupaten Badung sudah siap untuk menerima kunjungan wisatawan internasional. Sinergitas antara pemerintah, masyarakat dan pengusaha diakuinya merupakan tiga pilar penting dalam pemulihan pariwisata. Anom Gumanti berharap hal itu bisa terjaga dengan baik, sehingga apapun yang terjadi di lapangan bisa diatasi dengan baik. “Kesiapan akomodasi ini bukti keseriusan dalam menyambut wisatawan,” paparnya.

“Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan kita. Walaupun Covid-19 belum sirna, namun kita harapkan itu bisa ditekan agar kondisinya melandai dan ekonomi bisa segera pulih,” ajak Anom Gumanti seraya mengakui inspeksi yang dilakukan juga akan menyasar pedagang, pasar dan lainnya.

Untuk diketahui, dalam inspeksi tersebut sejumlah Anggota Komisi II DPRD Badung yang hadir diantaranya, I Made Wijaya, I Gusti Lanang Umbara, IGA. Agung Inda Trimafo Yudha, Wayan Luwir Wiana, Ni Luh Kadek Suastiari. Turut mendampingi Kadiskominfo Badung IGN Gede Jaya Saputra, Camat Kutsel Ketut Gede Arta, Kabid Industri Pariwisata Disparda Badung Ngakan Tri Ariawan, Kepala UPTD Puskesmas Kuta Selatan dr IGNB Sastrawan, dan Kabid Lalulintas Dishub Badung Made Gede Agus Wiryantara. *dar

Komentar