nusabali

Kepergok Saat Beraksi, Maling Ayam Diringkus Warga

  • www.nusabali.com-kepergok-saat-beraksi-maling-ayam-diringkus-warga

SINGARAJA, NusaBali
Seorang pelaku pencurian hewan ternak berinisial I Nengah A, 27, asal Banjar Dinas Yeh Busbus, Desa Sai, Kecamatan Pupuan, Tabanan, beraksi di sebuah rumah di Jalan Diponegoro, wilayah Kelurahan/Kecamatan Seririt, pada Kamis (14/10) dinihari.

Namun, aksi pelaku tak berjalan mulus dan kepergok saat berusaha mencuri ayam. Pelaku pun diringkus warga dan diserahkan ke polisi. Kapolsek Seririt, Kompol Gede Juli mengatakan, aksi pencurian hewan ternak ini terjadi pada dini hari kemarin sekitar pukul 01.00 Wita. Berawal, saat korban, Gede Adi Putra Wirawan, 23, beristirahat di rumahnya di Kelurahan Seririt. Korban kemudian mendengar suara ayam berkokok dan diikuti suara gaduh di kandang belakang rumahnya.

Karena curiga, ayah korban bernama Putu Ngurah Sudartana lebih awal mengecek kandang ayamnya. Saat itu, ayah korban melihat seorang pria tak dikenal sambil membawa karung berisi ayam putih. Kepergok, pria tersebut berusaha melairkan diri. Saat itu diteriaki "maling", sehingga warga keluar rumah dan mengejar pria tersebut.

Setelah terlibat kejar-kejaran, korban bersama tetangganya akhirnya berhasil menangkap pelaku yang terdesak di sebuah jalan buntu di pinggir Tukad Saba, Seririt. Saat diamankan, pelaku sedang memegang karung berisi ayam yang diduga hasil curian. Warga pun lantas melaporkan kejadian ini sembari menyerahkan pelaku bersama barang bukti.

Kata Kompol Juli, terduga pelaku kini sudah diamankan di Mapolsek Seririt untuk proses hukum lebih lanjut. Dari hasil introgasi awal, yang bersangkutan mengakui mencuri ayam milik korban. Terduga pelaku beraksi dengan cara masuk ke rumah korban yang saat itu sedang sepi. Saat situasi aman dan menemukan ayam, terduga pelaku ini lantas menjalankan aksinya.

"Selain mencuri di Seririt, terduga pelaku mengaku pernah melakukan aksi yang sama di daerah Busungbiu, hingga di daerah Kecamatan Pupuan, Tabanan," ungkap Kompol Juli. Penyidik masih melakukan pendalaman untuk memastikan apakah aksi ini dilakukan oleh komplotan pencuri termasuk memastikan penadah ayam curiannya.*mz

Komentar