nusabali

Bupati Suwirta Gelar Temu Wirasa Virtual

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-gelar-temu-wirasa-virtual

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali mengadakan acara Temu Wirasa dengan masyarakat desa/kelurahan di Kabupaten Klungkung, secara virtual, Rabu (13/10).

Kegiatan ini serangkaian mengoptimalkan sistem perencanaan daerah dengan pendekatan partisipatif masyarakat.  Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, Temu Wirasa kali ini digelart secara daring (Dalam jaringan) melalui video conference atau online. Temu Wirasa diikuti oleh kepala OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkungan Pemkab Klungkung, lurah, perbekel, dan bendesa se Kecamatan Klungkung, serta undangan terkait lainnya.

Turut mendampingi Bupati Suwirta, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Luh Ketut Citrawati, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan I Nyoman Sidang dan Camat Klungkung Putu Arnawa. "Temu wirasa ini sebagai wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat baik berupa saran, usulan maupun kritik sebagai bahan perencanaan," kata Bupati Suwirta.

Dalam acara itu, Bupati Suwirta juga memaparkan program untuk mewujudkan visi dan misi masa kepemimpinannya.  Program itu baik bidang infrastruktur, SDM, kesehatan, pendidikan, penanggulangan kemiskinan, dan lainnya.

Melalui temu wirasa beberapa peserta memberikan masukan mengenai beberapa hal, di antaranya mengenai penegerian TK, pemeliharaan drainase, pemberdayaan ibu-ibu PKK, normalisasi sungai, perbaikan infrastruktur jalan, penyediaan air minum, dan pemilahan/pengolahan sampah. Bupati juga memaparkan program terkait pelestarian Wayang Klasik Kamasan.

Terkait beberapa masukan yang disampaikan beberapa perbekel, Bupati Suwirta langsung menugaskan instansi yang membidangi untuk menindaklanjuti. Kemudian mengenai pelestarian Wayang Klasik Kamasan, Bupati Suwirta menyarankan agar wayang klasik dapat segera memperoleh Sertifikat Indikasi Geografis. "Hal ini sebagai bentuk perlindungan budaya dari plagiarisme," ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar