nusabali

Bupati Badung Terima Kunjungan Kerja Walikota Makassar

Diskusi Terkait Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Pada Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-bupati-badung-terima-kunjungan-kerja-walikota-makassar

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menerima kunjungan kerja (kunja) Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berserta rombongan di Ruang Tamu, Puspem Badung, Selasa (12/10).

Kunjungan Walikota Makassar ini terkait pemulihan pariwisata dan ekonomi pada masa pandemi Covid-19. Turut serta dalam rombongan Walikota Makassar, antara lain Kabag Protokol Makassar M Zuhur, Kadispora Makassar Husni Mubarak, Kadis Pariwisata Makassar Mohammad Roem dan Staf Ahli Pemkot Makassar Maqbul Halim. Sementara turut hadir mendampingi Bupati Badung dalam menerima kunja yakni Plt Kadispora Badung I Made Mandi, Plt Kadis Pariwisata Badung Cokorda Raka Darmawan dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpian Made Suardita.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Badung, sekaligus terima kasih karena telah memilih Kabupaten Badung menjadi tempat bertukar pikiran dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi pada masa pandemi ini. Bupati Giri Prasta mengatakan, pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi paling terdampak pandemi Covid-19 sejak mulai merebak Maret 2020 sampai saat ini. Anjloknya jumlah wisatawan membuat ekonomi, produk hasil budaya, dan tingkat konsumsi di daerah-daerah wisata pun terjun bebas.

Menurut Bupati Giri Prasta, perlu upaya pemulihan pariwisata dengan melakukan sejumlah inovasi dan terobosan. Terutama dalam hal pemasaran, mencari pasar baru, serta jaminan keamanan dari ancaman Covid-19. Upaya yang bisa dilakukan adalah menggalakkan pasar domestik, namun dengan tetap ada pembatasan-pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) tetap harus dijaga.

“Kami mempunyai prinsip masyarakat Bali apalagi masyarakat Kabupaten Badung wajib menjadi tuan di rumahnya sendiri. Termasuk juga UMKM ini, sehingga sekarang kita akan memanfaatkan teknologi, kita akan menunjukkan ini di marketplace dengan cara bekerja sama dengan marketplace yang ada saat ini,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta menambahkan, di era pandemi ini Pemkab Badung akan memberikan stimulus kepada UKM-UKM yang ada di Kabupaten Badung pada akhir tahun ini untuk menggeliatkan ekonomi kerakyatan. Sebab, pandemi Covid-19 telah berdampak pada perekonomian yang ada di Provinsi Bali. “Apalagi kami di Kabupaten Badung yang mengandalkan sektor pariwisata dari pajak perhotelan dan restauran,” kata bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang tersebut.

Di sisi lain, untuk mendukung langkah dalam menekan penyebaran Covid-19 Badung telah melakukan berbagai upaya. Termasuk di Badung sudah melaksanakan vaksin sesuai program pemerintah dalam pemulihan pariwisata. “Vaksinasi harus kami lakukan secara cepat dan terukur. Sasaran vaksin ada empat klaster, yaitu penduduk Badung, kemudian penduduk non permanen, pekerja pariwisata dan ekspatriat para wisatawan yang masih tinggal di Badung. Jadi ini klaster vaksinasi yang membedakan Kabupaten Badung dengan daerah lainnya,” ucap Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Pemkab Badung. Ke depan pihaknya akan belajar lebih jauh tentang bagaimana pemulihan pariwisata dan ekonomi pada masa pandemi ini. “Terima kasih atas pengalaman, inspirasi, dan teknis-teknis yang diberikan, sehingga kami banyak belajar. Kami apresiasi yang seluas-luasnya, karena banyak hal yang kami dapatkan. Selanjutnya akan kami implementasikan di kabupaten kami untuk berbagi pengalaman untuk bisa mencari solusi kelemahan-kelemahan yang sebelumnya pernah terjadi. Terima kasih setinggi-tinggi kepada Pemkab Badung, semoga jalinan kerja sama dan silaturahmi ini tetap berjalan dengan baik,” katanya. *ind

Komentar