nusabali

Pedagang K5 Digelontor Bantuan Rp1,2 Juta/Orang

  • www.nusabali.com-pedagang-k5-digelontor-bantuan-rp12-jutaorang

SEMARAPURA, NusaBali
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI menyalurkan bantuan uang tunai kepada puluhan pedagang kaki lima (K5) di Klungkung, Rp 1,2 juta/orang.

Penyaluran bantuan melibatkan unsur TNI dan Polri Bantuan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha mikro yang masih didera pendemi Covid-19. Selain kepada pedagang K5, bantuan ini juga untuk pedagang warung, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di Makodim 1610/Klungkung, Selasa (12/10) pagi.

Dandim 1610/Klungkung Suhendar Suryaningrat, mengatakan pemerintah sangat merasakan dampak yang ditimbulkan oleh bencana non alam Covid-19 ini. Pandemi ini berakibat kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat. Banyak warga kehilangan mata pencaharian akibat para karyawan dirumahkan. Banyak pula usaha kecil dan manengah gulung tikar.

Lanjut Dandim Suhendar, dengan memahami kondisi seperti itu, pemerintah berupaya menjembatani kebutuhan masyarakat melalui beberapa tahap pemberian bantuan. Antara lain, sembako. Saat ini, pemerintah kembali membantu masyarakat Bali, khususnya masyarakat di Kabupaten Klungkung. Bantuan berupa uang tunai khusus kepada pedagang K5 dan warung, Rp 1,2 juta/pedagang. “Semoga dengan diberikannya bantuan ini nantinya bisa meringankan beban masyarakat terutama yang terkena dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap kepada para penerima agar bantuan ini bisa menggunakan bantuan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, meskipun saat ini situasi pendemi Covid-19 sudah menurun, protokol kesehatan harus selalu ditaati terutama oleh para pelaku usaha mikro. "Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya terutama untuk meningkatkan usaha. Jangan sampai bantuan ini disalahgunakan," kata Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga sudah menugaskan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Klungkung, untuk mendata warga yang mempunyai usaha warung dengan baik. Upaya tersebut dilakukan agar tidak ada masyarakat yang tercecer. “Mari bersama-sama pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bantuan ini disalahgunakan dengan hal yang tidak baik dan semoga Covid-19 ini segera berakhir,” harap Bupati Suwirta.

Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua II DPRD Klungkung Tjokorda Gde Agung, Kapolres Klungkung AKBP Made Dhanuardana, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, dan unsur instansi lain. *wan

Komentar