nusabali

Masuk PPN Pengambengan Wajib Sertifikat Vaksin Covid-19

  • www.nusabali.com-masuk-ppn-pengambengan-wajib-sertifikat-vaksin-covid-19

NEGARA, NusaBali
Rendahnya capaian vaksinasi Covid-19 di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, kembali menjadi atensi Satgas Penanganan Covid-19 setempat.

Untuk mendorong kesadaran warga mengikuti vaksinasi Covid-19, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menginstruksikan agar setiap orang yang masuk ke Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Pengambengan harus melengkapi diri dengan sertifikat vaksin Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tamba di sela-sela memantau razia kartu vaksin sekaligus gebyar vaksinasi Covid-19 di PPN Pengambengan, Senin (11/10). Sesuai hasil gebyar vaksinasi tersebut, ada sebanyak 110 orang yang divaksin. Dari total 110 orang itu, sebanyak 51 orang diketahui baru melaksanakan vaksinasi dosis pertama dan 59 orang yang melaksanakan vaksinasi dosis kedua.

Bupati Tamba mengatakan, kegiatan razia sertifikat vaksin Covid-19 ini adalah tindaklanjut arahan Presiden Joko Widodo saat pertemuan bersama jajaran Forkopimda se–Provinsi Bali, Jumat (8/10).  Dalam arahannya, Presiden menekankan percepatan vaksinasi Covid-19 terus dilakukan secara masif di Provinsi Bali. Terlebih jelang dibukanya sektor pariwisata Bali. “Astungkara capaian vaksinasi Kabupaten Jembrana hasilnya sudah luar biasa. Giat sidak yang dilaksanakan kali ini adalah giat bersama jajaran Forkopimda Jembrana, dan langkah percepatan vaksinasi akan terus dilakukan secara masif di Kabupaten Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, razia sertifikat vaksin Covid-19 yang dipusatkan di PPN Pengambengan ini, tujuannya menyisir warga-warga yang belum divaksin. Khususnya warga Desa Pengambengan yang kebanyakan bekerja di PPN. Dari hasil razia itu, lumayan banyak warga yang terjaring dan langsung diberikan layanan vaksinasi di tempat. “Dengan melaksanakan vaksinasi secara masif, kita optimistis capaian vaksinasi tahap I dan II di Kabupaten Jembrana bisa di atas 90 persen,” ucap Bupati Tamba didampingi Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa.

Dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19, Bupati Tamba meminta agar setiap warga yang masuk ke PPN Pengambengan sudah divaksinasi dengan menunjukkan bukti kartu atau surat vaksin. Selain itu, nantinya di PPN Pengembangan juga akan dibuka gerai vaksinasi. “Sebagai langkah kita mempercepat vaksinasi, kita akan segera membuka gerai vaksinasi agar lebih optimal. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi jika masih ada warga yang belum divaksin. Sehingga bisa ditindak (divaksin) langsung di tempat,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, mengatakan capaian vaksinasi di Desa Pengambengan masih tergolong rendah, di kisaran 65 persen. Terdapat beberapa kendala yang ditemui. Seperti minimnya antusiasme warga untuk mengikuti vaksinasi karena pekerjaan melaut sehingga mereka abai dengan adanya vaksinasi Covid-19.

“Terkait instruksi Bapak Bupati, bagi warga yang ingin masuk PPN sudah harus dilengkapi vaksin, termasuk juga akan membuka gerai vaksinasi di tempat, segera kita koordinasikan. Sehingga nantinya bagi warga yang belum divaksin, segara divaksin di tempat,” ujar Oka Parwata. *ode

Komentar