nusabali

Lima Hari Tes SKD, 271 Pelamar CPNS Gugur

  • www.nusabali.com-lima-hari-tes-skd-271-pelamar-cpns-gugur

TABANAN, NusaBali
Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS Pemkab Tabanan tahun 2021 yang digelar BKSDM Provinsi Bali  telah memasuki hari kelima, Minggu (10/10).

271 pelamar tak mengikuti tes tersebut hingga secara otomatis mereka gugur.  Kepala Bidang Formasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Wayan Budi Artana mengatakan pelaksanakan tes SKD di BKSDM Provinsi Bali itu dimulai Rabu (6/10) sampai Minggu (10/10). Namun ada 271 peserta atau pelamar dari Tabanan tidak dalam tes tersebut. Maka mereka secara otomatis gugur. “Kami tidak tahu, apa alasan ketidakhadiran mereka. Kemungkinan mereka ini (peserta) sudah ada yang mendapatkan pekerjaan atau alasan lain," ungkap Budi Artana.

Selain tidak hadir tanpa mengkonfirmasi, ada pula seorang peserta hasil rapid antigen yang dilakukan sebelum tes, reaktif. Bagi peserta yang absen karena hasil tesnya reaktif, masih bisa mengikuti ujian susulan yang jadwalnya akan ditentukan oleh pihak BKN. “Kami sudah bersurat ke BKN, dan tes SKD ini akan dijadwalkan ulang. Tentu setelah peserta ini menjalani isolasi,” terangnya.

Dijelaskan, lelaksanaan SKD CPNS dalam sehari dilakukan tiga shift. Tes diawali pukul 06.30 Wita, peserta sudah harus tiba di lokasi. Karena mereka harus melewati sejumlah proses, yakni registrasi dengan kegiatan scan wajah. Kemudian peserta diberikan pin registrasi dan baru masuk ke ruang pengarahan dan simulasi CAT (computer assist test). “Setelah simulasi CAT 15 menit, barulah peserta masuk ke ruangan ujian yang sudah menjadi tanggung jawab BKN pusat. Pada intinya pelaksanaan sampai hari kelima berjalan lancar," beber Budi Artana.

Ujian SKD CPNS ini akan berlangsung sampai 12 Oktober mendatang. Tes akan dilanjutkan kepada pelamar formasi PPPK (Pegawi Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak)   non guru pada 13 Oktober 2021.

Data dari BKPSDM Tabanan, ada 5.839 pelamar di Kabupaten Tabanan. Rinciannya, untuk formasi CPNS 5.826 orang dari 127 formasi. Sedangkan dari 3 formasi PPPK non guru ada 13 orang. Dari total tersebut, 2.051 orang gugur dan 3.775 orang lulus seleksi administrasi untuk CPNS. Sedangkan untuk pelamar PPPK non guru gugur 11 orang dari 13 pelamar. Namun dalam masa sanggah ada yang diterima kembali 18 orang, sehingga total yang lulus seleksi administrasi CPNS 2021 ada 3.793 orang.*des

Komentar