nusabali

Disdik Gianyar Gelar Sosialisasi Penjaminan Mutu PAUD

  • www.nusabali.com-disdik-gianyar-gelar-sosialisasi-penjaminan-mutu-paud

GIANYAR, NusaBali
Dinas Pendidikan (Disdik) Gianyar melaksanakan Sosialisasi Penjaminan Mutu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka Kepala Disdik Gianyar I Made Suradnya di Hotel Gianyar, Jumat (8/10).  Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi I Made Sunata mengatakan penjaminan mutu yang ada di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan disebut sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SPMI mencakup seluruh aspek penyelenggara pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mencapai satuan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sistem penjaminan mutu ini dievaluasi dan dikembangkan secara berkelanjutan, serta ditetapkan oleh satuan PAUD untuk dituangkan dalam pedoman pengelolaan satuan PAUD. “Pengembangan satuan PAUD terus ditingkatkan guna dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik sesuai dengan delapan (8) Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan dalam Permendikbud No. 71 Tahun 2021,” kata Made Sunata.

Sunata menambahkan penjaminan mutu PAUD merupakan sebagai acuan pengelola lembaga satuan PAUD dalam penilaian mutu PAUD. Hal ini juga sebagai acuan bagi tenaga pendidik dalam memenuhi standar yang sudah ditetapkan, sebagai barometer untuk mencapai rapor mutu pendidikan di Gianyar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya mengatakan sosialisasi penjaminan mutu PAUD merupakan bagian yang harus dilakukan, dikarenakan sebagai dasar penjaminan mutu bagi guru di jenjang PAUD serta sebagai kelengkapan data di dapodik. “Makanya akreditasi itu penting sekali,” ujar Made Suradnya.

Dari 25 orang yang mengikuti sosialisasi, akan meneruskan ke masing-masing lembaga PAUD yang tersebar Kecamatan Gianyar untuk melengkapi data-data yang ada  sebagai penunjang akreditasi. “Jadi data-data dan lainya harus diisi, guna menuju PAUD yang bermutu dan sesuai standar,” kata Made Suradnya.

Dia bersyukur ada bantuan dari pusat senilai Rp 35 juta untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan ini sebagai penggerak dan motivator dan penyebarluasan informasi serta membantu pengelola PAUD yang belum paham penjaminan mutu,” jelas Made Suradnya.

Kegiatan dilaksanakan sehari dengan tetap mematuhi prokes Covid-19 secara ketat, diikuti 25 peserta satuan PAUD dari tujuh kecamatan se-Kabupaten Gianyar. Narasumber dari para pakar bidang PAUD dan seorang Operator Dapodik dari Disdik Gianyar. Kegiatan ini didanai dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI. *nvi

Komentar