nusabali

100 Petugas Drainase Disiagakan Antisipasi Banjir

  • www.nusabali.com-100-petugas-drainase-disiagakan-antisipasi-banjir

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 100 orang personel petugas drainase disiapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng sebagai langkah antisipasi potensi banjir di wilayah perkotaan Kabupaten Buleleng.

Petugas tersebut akan disiagakan pada sejumlah titik potensi banjir yang tersebar di Kabupaten Buleleng untuk pemantauan dan pembersihan saluran drainase.

Personil tersebut akan secara penuh bersiaga setelah memasuki musim hujan, mereka akan secara responsif diterjunkan ke titik terjadinya banjir agar dapat segera ditindaklanjuti. "Ketika hari tidak hujan,  petugas bekerja membersihkan drainase agar air maksimal bisa lewat," kata Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra, Kamis (7/10) siang.

Diungkapkan Kadis Adiptha,  terdapat beberapa titik potensi banjir di wilayah Kota Singaraja seperti di Kali Mumbul, Jalan Ahmad Yani di sebelah selatan Perumahan Satelit, Desa Baktiseraga, dan Jalan Melur. Pihak PUTR telah membuat tambahan saluran drainase agar debit air hujan yang dialirkan menjadi lebih besar di titik-titik tersebut.

Selain itu, terdapat juga titik banjir yang menjadi daerah kewenangan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur – Bali seperti Jalan Ahmad Yani yang juga telah ditingkatkan drainasenya. "Dengan adanya petugas tersebut, kita berharap Kota Singaraja dapat meminimalisir potensi banjir sering dapat terjadi di musim hujan," pungkas Adiptha.*mz

Komentar