nusabali

Kejutan, Alit Wiradana Dilantik Jadi Sekda Kota Denpasar

Sebelumnya Cuma Tempati Peringkat Kedua dalam Seleksi Terbuka di Pansel

  • www.nusabali.com-kejutan-alit-wiradana-dilantik-jadi-sekda-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, 56, ditetapkan menjadi Walikota Denpasar, meskipun sebelumnya hanya menempati peringkat kedua dalam ptoses lelanh yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel).

Pelantikan Gus Alit Wiradana sebagai Sekda telah dilakukan oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, pada Wraspati Umanis Gumbreg, Kamis (7/10) pagi. Pelantikan Sekda Kota Denpasar yang digelar di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar, Kamis kemarin, dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara pelantikan dihadiri pula Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Made Alit Yudana, Kapolresta Denpsar Kombes Pol Jansen Avitus Pandjaitan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Denpasar Yuliana Sagala, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Denpasar Wahyu Iman Santoso, dan Penjabat Sekda Kota Denpasar I Made Toya.

Selain undangan secara langsung, pelantikan Sekda Kota Denpasar kemarin juga diikuti secara virtual oleh seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar dan Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar.

Gus Alit Wiradana merupakan birokrat asal Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, yang sudah berpengalaman menempati beberapa poosisi jabatan Eselon IIB Pemkot Denpasar. Birokat kelahiran 10 November 1965 ini, antara lain, sempat menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Denpasar dan terakhir menjadi Kepala Dinasa PMD Kota Denpasar.

Sebelum ditetapkan dan dilantik sebagai Sekda Kota Denpasar, Kamis kemarin, Gus Alit Wiradana lolos 3 besar Calon Sekda Kota Denpasar melalui proses lelang (seleksi terbuka) oleh Pansel yang diketuai langsung Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali, I Ketut Lihadnyana. Gus Alit Wiradana lolos 3 besar bersama I Gusti Ngurah Eddy Mulya (yang kini menjabat sebagai Asisten III Setda Kota Denpasar) dan I Putu Wisnu Wijaya Kusuma (yang kini menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Denpasar).

Berdasarkan hasil seleksi terbuka oleh Pansel, 17 September 2021 lalu, Gus Alit Wiradana hanya menempati peringkat kedua dengan total nilai kumulatif 74,31. Sedangkan peringkat teratas ditempati IGN Edy Mulya dengan nilai kumulatif 81,98. Sebaliknya, Putu Wisnu Wijaya Kusuma berada di peringkat tiga dengan nilai kumulatif 73,53.

Namun, siapa yang dipilih dan ditetapkan sebagai Sekda Kota Denpasar, itu merupakan kewenangan Walikota Denpasar selaku user. Walikota IGN Jaya Negara secara mengejutkan menetapkan dan melantik Gus Alit Wiradana sebagai Sekda Kota Denpasr, untuk mene-ruskan kepemimpinan Anak Agung Ngurah Rai Iswara yang sudah pensiun per 1 November 2020 lalu.

Usai pelantikan kemarin, Walikota IGN Jaya Negara mengatakan bersyukur karena saat ini Sekda Kota Denpasar sudah resmi dilantik. Jaya Negara menyebutkan, penyelenggaraan pemerintahan yang sudah berjalan baik saat ini harus terus ditingkatkan, guna memenuhi harapan masyarakat.

Menurut Jaya Negara, berkembangnya teknologi dan informasi saat ini mengharuskan seluruh aparatur sipil negara (ASN) bekerja secara optimal. Besarnya harapan masyarakat akan pelayanan publik yang maksimal, menjadi tantangan bersama.

“Harapan kita ke depanya dengan dilantiknya Sekda Kota Denpasar, tentu apa yang menjadi tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan spirit ‘Sewakadarma dan Vasudhaiva Khutumbakam’, utamanya roda pemerintahan, bisa berjalan lebih optimal sesuai dengan harapan kita bersama,” jelas politisi senior asal Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur yang juga Sekretaris DPD PDIP Bali ini.

Sementara itu, Gus Alit Wiradana menegaskan setelah dilantik jadi Sekda Kota Denpasar, dirinya akan langsung bekerja dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan di Kota Denpasar. Termasuk terus melanjutkan apa yang sudah dikerjakan pejabat sebelumnya.

Gus Alit Wiradana mengatakan, sebagai pembantu walikota, dirinya selaku Sekda tentunya memiliki tanggung jawab dalam mengawal serta menuntaskan kebijakan pimpinan, dengan sepirit ‘Sewakadarma dan Vasudhaiva Khutumbakam’. Sebagai Sekda Kota Denpasar dan Sekretaris Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Gus Alit Wiradana tentunya bertanggung jawab dalam membangun sinergitas kepada seluruh OPD lingkup Pemkot Denpsar.

“Bukan hanya itu, nantinya sebagai pembantu walikota dan wakil walikota, saya selaku Sekda Kota Denpasar juga akan terus membangun koordinasi guna mendukung penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan kebijakan-kebijakan strategis lainya di Kota Denpasar,” tandas Gus Alit Wiradana. *nar

Komentar