nusabali

Pentingnya Media Relations Bagi Perusahaan

  • www.nusabali.com-pentingnya-media-relations-bagi-perusahaan

JAKARTA, NusaBali.com
Ketika bagian marketing atau public relation (PR) ingin menciptakan buzz untukk klien atau brand mereka, maka mereka akan menggunakan media relations.

Itu adalah cerita yang berbeda pada hari-hari itu. Berkat media sosial dan internet, PR agency Jakarta atau perusahaan PR bisa menciptakan buzz sendiri dengan blog, viral marketing serta postingan yang dipilih dengan cermat  seperti untuk mengamankan penempatan media. 

Kekuatan yang dinamis sudah bergezer dan marketer tidak lagi terikat pada media namun masih ada beberapa alasan mengapa media relations harus tetap dianggap sebagai strategi yang berharga dalam perangkat marketing serta hubungan masyarakat. 

Apa itu Media Relations? 
Untuk menjelaskan manfaat media relations yang benar, maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menjelaskan apa itu media relations. Media relations pada dasarnya melibatkan hubungan dengan media untuk memberikan informasi kepada publik, tentang pencapaian, misi, praktik, kebijakan klien dan keberadaan mereka. 

Media relations berbeda dengan bentuk periklanan dan pemasaran langsung karena lebih fokus untuk mendapatkan dukungan pihak ketiga dari produk, jasa, organisasi atau individu. Kemudian mereka meminta semuanya untuk menyebarkan dukungan ini pada publik. Biasanya ini dilakukan dengan wartawan. 


Apa Manfaat Media Relations bagi Bisnis? 
Salah satu alasan mengapa memiliki media relations yang baik sangat penting adalah karena adanya dukungan pihak ketiga lebih efektif dalam membangun reputasi produk/jasa yang ingin anda jual kepada pelanggan. Ini karena mendapatkan liputan pers untuk kampanye hubungan media adalah memastikan bahwa pesan anda cukup menarik untuk publik atau fitur surat kabar atau majalah. 

Media relations juga penting bagi bisnis untuk liputan pers perusahaan anda. Ini membuat nama perusahaan bisa diketahui oleh publik dan menginformasikan konsumen tentang produk, jasa, misi, dan identitas perusahaan melalui media yang  telah dipilih. 

1. Kepercayaan 
Menuru Forbes, calon konsumen masih lebih banyak dipengaruhi oleh orang-orang yang mereka percayai termasuk blogger, jurnalis dan influencer. Sedangkan agensi PR bisa menggunakan banyak blog dan mendesain gambar yang indah di Instagram. Dalam hal membuat keputusan untuk membeli, publik masih mempercayai pendapat pihak ketiga dibandingkan dengan konten yang berasal dari brand itu sendiri. 

Ketika membuat keputusan untuk melakukan pembelian, maka seseorang jauh lebih mungkin mempercayai informasi yang berasal dari pihak ketiga dibandingkan dengan  PR atau tim marketing. Memanfaatkan media relation untuk mengamankan penempatan melalui pitching ke media, berkolaborasi dengan influencer atau merilis press release akan memastikan bahwa buzz di sekitar klien atau brand anda tidak hanya datang dari anda. 

Sangat penting untuk dicatat bahwa karena brand hubungan masyarakat sudah mengambil alih penyebaran konten. Mereka tidak lagi dibatasi oleh definisi lama mengenai apa yang layak diberitakan. Press release tidak dilindungi oleh undang-undang untuk pengumuman produk atau perubahan eksekutif. Press release bisa digunakan untuk mempromosikan apapun mulai dari posting blog sampai dengan webinar.

2. Audience 
Alasan utama mengapa media relations menjadi standar public relations dan praktik pemasaran selama beberapa puluh tahun adalah karena bisa menempatkan brand ada di depan lebih banyak audiens dibandingkan dengan yang seharusnya. Faktanya yaitu ketika ada lebih banyak jalan untuk memperluas basis pelanggan hari ini dibandingkan dengan sebelumnya, media relations masih menjadi salah satu cara yang paling bisa diandalkan. 

Selain untuk meningkatkan brand awareness, media relations juga bisa meningkatkan jumlah prospek. Memastikan bahwa konten yang media friendly bisa memberikan dorongan yang signifikan untuk kampanye prospek anda. 

Kegiatan Penulisan dalam Media Relation 


3. Otoritas 
Dengan mendapatkan otoritas dalam bidang industri anda, anda bisa meningkatkan kredibilitas sedangkan brand awareness anda meroket di saat yang bersamaan. Menjadi otoritas pada satu bidang bisnis juga memberikan keuntungan untuk mendapatkan klien potensial dan bisa mengarah pada peningkatan profitabilitas. 

Dengan berinvestasi dalam hubungan media dalam industri anda dan terbukti menjadi sumber dengan reputasi yang baik, brand anda bisa dilihat sebagai otoritas dalam industri. Jadi bagaimana media relations mengarah pada peningkatan otoritas? Ketika anda membuktikan diri sebagai kontributor yang berharga dan brand yang bisa diandalkan untuk diajak bekerja sama, wartawan cenderung datang kepada anda ketika mereka membutuhkan komentar tentang isu atau topik berita. 

Pelanggan potensial bisa pertama kali mengetahui brand anda sebagai otoritas dan ahli di bidang bisnis tertentu. 

4. Sustainability 
Strategi marketing serta public relation yang komprehensif adalah pekerjaan besar. Ini menghabiskan banyak waktu untuk perencanaan, pembuatan konten dan penjadwalan. Setelah anda mempunyai rencana, maka tugas selanjutnya adalah implementasi yang dapat menghabiskan banyak waktu seperti fase perencanaan. 

Sekarang cobalah untuk selalu mempertahankannya terus menerus untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Ini tidak mudah. Ada kalanya kalender konten tidak sesuai atau ada penundaan. Strategi anda tidak berhasil kali ini. Terlepas apapun alasannya, ada saat-saat dimana anda menemukan diri berada di antara strategi dan membutuhkan jeda untuk sementawa waktu. 

Menjalin hubungan dengan reporter, influencer atau outlet industri lain dari strategi media relations bisa membantu anda mengisi konten dengan penempatan media. 

5. Brand Awareness 
Media relations sangat penting bagi bisnis untuk liputan pers perusahaan anda. Ini akan membuat nama perusahaan anda diketahui oleh publik dan menginformasikan konsumen mengenai produk, layanan, misi, identitas perusahaan anda dengan saluran media yang mereka percayai dan telah dipilih. 

FAQ 
Apa itu media relations? 
-Media relations adalah usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran maksimal atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman untuk khalayak dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. 

Apa saja yang termasuk dalam media relation? 
-Konferensi pers, kunjungan pers, briefing pers, media maintenance, kliping media, pertemuan pers. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda.

Komentar