nusabali

PDIP Dukung TNI Jadi Kekuatan Pertahanan yang Disegani

  • www.nusabali.com-pdip-dukung-tni-jadi-kekuatan-pertahanan-yang-disegani

JAKARTA, NusaBali
PDIP mendukung TNI sebagai kekuatan pertahanan yang disegani. Menurut Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, PDIP juga mencita-citakan TNI hadir sebagai kekuatan pertahanan yang sangat kuat.

"Bahkan lebih hebat dari periode 1960-an, ketika TNI dipompakan semangat juangnya oleh Bung Karno guna menentang berbagai bentuk penjajahan sebagaimana terjadi pada saat pembebasan Irian Barat," ucap Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/10). Untuk itu, TNI harus solid, profesional, dan modern.

Lantaran dalam perspektif kekinian, ancaman TNI semakin kompleks. Ditambah lagi, pengembangan teknologi persenjataan modern dengan daya hancur yang makin hebat sebagai perpaduan  kemajuan teknologi informasi, penginderaaan, peningkatan daya manuver,  dan presisi serta hadirnya senjata biologi, kimia, dan nuklir menjadi ancaman yang dahyat.

Maka, lanjut Hasto, peningkatan kemampuan TNI menjadi keharusan.  Peningkatan kemampuan pertahanan Indonesia sangat penting, tidak hanya untuk ke dalam, namun untuk bertindak ke luar pula di dalam ikut serta menjaga perdamaian dunia.

Peningkatan kekuatan pertahanan TNI juga dengan melihat skala ancaman yang makin meningkat dan kompleks. "Kapabilitas di dalam menghadapi segala bentuk ancaman itulah yang harus dibangun. Karena itu, hal-hal yang berkaitan dengan Revolution in Military Affairs perlu dilakukan demi tanggung jawab untuk menghadirkan TNI sebagai kekuatan pertahanan yang handal dan disegani serta efektif guna memastikan kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa," papar Hasto.

Atas dasar hal tersebut, kata Hasto, PDIP memberikan dukungan terhadap setiap upaya pengembangan kekuatan pertahanan Indonesia, termasuk hadirnya  industri pertahanan yang percaya pada kekuatan sendiri. Apalagi, alutsista buatan Indonesia pernah ditampilkan di depan Istana Negara. Hal itu memberikan optimisme dan kesadaran untuk berdikari dalam industri pertahanan.

Industri pertahanan yang handal, hulu-hilir, dan terintegrasi akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Sebab, tidak ada bangsa besar yang mampu survive tanpa kekuatan militer yang berdiri kokoh atas kekuatan bangsa sendiri. "Dirgahayu TNI ke 76. Jayalah Indonesia. Merdeka," tegas Hasto. *k22

Komentar