nusabali

Petugas Gabungan Evakuasi Pendaki Kelelahan

  • www.nusabali.com-petugas-gabungan-evakuasi-pendaki-kelelahan

Pencarian korban dibantu petugas BPBD, anggota Polsek Rendang, PMI, dan pemandu wisata Gunung Agung.

AMLAPURA, NusaBali

Seorang pendaki, Inaqi Kalingga Eka Putra, 24, kelelahan dan tersesat saat mendaki di Gunung Agung. Pendaki asal Jakarta ini tersesat karena dihadang kabut tebal, gerimis, dan jalan licin. Petugas gabungan berhasil menemukan Inaqi Kalingga di ketinggian 1.700 mdpl, Selasa 5/10). Selanjutnya petugas gabungan mengevakuasi korban turun dari Gunung Agung. Tiba di jaba Pura Pengubengan Besakih sekitar pukul 11.05 Wita, langsung diantar cek kesehatan ke Puskesmas Rendang.

Inaqi Kalingga mendaki Gunung Agung melalui jalur Pura Pengubengan Besakih, Minggu (3/10) sekitar pukul 14.00 Wita. Pemuda asal Jakarta ini mendaki Gunung Agung bersama Desta Darma dari Tabanan dan pemandu Kadek Ngetis Juliana, 26, dari Banjar Rendang Tengah, Desa/Kecamatan Rendang. Ketiganya pun berhasil sampai di puncak Gunung Agung. Senin sekitar pukul 16.00 Wita mereka melakukan perjalanan menuruni Gunung Agung. Nah dalam perjalanan pulang itu mereka dihadang kabut tebal dan gerimis. Jarak pandang terhalang dan jalan yang dilalui licin.

Desta Darma dan pemandu Kadek Ngetis Juliana terus melakukan perjalanan pulang. Sementara Inaqi Kalingga tidak mampu melanjutkan perjalanan. Dia pun tertinggal. Pemandu Kadek Ngetis Juliana kemudian minta bantuan ke ke Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem. I Gusti Ngurah Eka yang menerima laporkan itu kemudian berkoordinasi dengan Ketua APGI (Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia) Bali I Ketut Mudiada. I Ketut Mudiada yang berhalangan hadir minta bantuan kepada pemandu wisata Gunung Agung Jro Mangku Kayun asal Banjar Temukus, Desa Besakih. Terkumpul 6 pemandu wisata Gunung Agung membantu mengevakuasi Inaqi Kalingga.

Petugas gabungan yang melakukan evakuasi dikoordinasikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar Gede Darmada bersama Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem I Gusti Ngurah Eka. Pencarian korban dibantu petugas BPBD, anggota Polsek Rendang, PMI, dan pemandu wisata Gunung Agung. Petugas gabungan naik Gunung Agung melalui jalur Pura Pengubengan Besakih, Banjar Batu Madeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa pukul 02.00 Wita. Petugas gabungan tiba di ketinggian 2.500 mdpl sekitar pukul 05.00 Wita namun belum menemukan sasaran. Pendakian terus dilakukan, sekitar pukul 09.30 Wita pada ketinggian 1.700 mdpl, sasaran ditemukan kelelahan. “Pendaki hanya kelelahan, secara fisik dia sehat,” kata Gede Darmada. Pendaki asal Jakarta itu kemudian dievakuasi menuruni Gunung Agung. *k16

Komentar