nusabali

Disperindag Denpasar Gelar Program Hindupreneur Academy

  • www.nusabali.com-disperindag-denpasar-gelar-program-hindupreneur-academy

DENPASAR, NusaBali
Untuk menghasilkan wirausaha muda yang kreatif dan berdaya saing tinggi, Disperindag Kota Denpasar bersama Yayasan Gatra Wirausaha menggelar Program Hindupreneur Academy (PHA) secara online, Senin (4/10).

Kadis Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan  program ini sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat dengan melibatkan para wirausaha Hindu di Kota Denpasar. Lebih lanjut Sri Utari mengatakan keberadaan IKM/UKM serta Wirausaha Muda selalu tumbuh dan berkembang di Kota Denpasar.

Hal ini tentu saja berkontribusi terhadap lapangan kerja dan usaha serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun adanya Pandemi Covid-19 yang telah berjalan hampir 2 tahun, membuat banyak IKM/UKM yang tidak dapat berproduksi bahkan terpaksa beralih usaha.

Selain itu pandemi Covid-19 sangat menguras ekonomi, energi, dan mental  semua orang. Maka dari itu Pemkot Denpasar melalui Disperindag Kota Denpasar selalu bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk tetap berusaha dan berupaya melaksanakan pembinaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Sri Utari.

Beberapa hal yang  dilaksanakan antara lain pemberian bantuan kebutuhan pokok, bimtek-bimtek teknis seperti bimtek pembuatan handsanitizer, aplikasi TIK, pembuatan masker APD dan lainnya. Selain itu juga digelar web seminar (webinar) yang terkait dengan pengembangan usaha IKM.  Semua itu dilakukan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia pada industri kecil dan menengah.

Selain itu pengembangan kewirausahaan merupakan salah satu upaya untuk menggali potensi dan kompetensi sumber daya manusia dalam mendukung penyerapan lapangan kerja dan industri kreatif. Kebutuhan akan SDM handal untuk menghadapi kompetisi tersebut bukan hanya sekedar kemauan namun pengetahuan dan kemampuan/skill sangat diperlukan dalam mengembangkan kualitas SDM Industri Kecil dan Menengah.

Untuk itu salah satu kegiatan yang dapat mendukung lahirnya wirausaha baru adalah Program Hindupreneur Academy. Setelah kegiatan berakhir akan diseleksi dan dipilih 6 wirausahawan Hindu untuk diberikan modal  masing masing sebesar Rp 10 juta. *

Komentar