nusabali

PPBI Percantik Pohon Perindang di Gianyar

  • www.nusabali.com-ppbi-percantik-pohon-perindang-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Gianyar melakukan pemangkasan dan mempercantik pohon-pohon perindang di Kabupaten Gianyar, Minggu (3/10).

Kegiatan yang dilakukan di seputaran Pasar Umum Gianyar dan Alun-alun Gianyar itu dipantau Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra.  Pantauan di lokasi, meskipun dalam situasi hujan, mereka sangat bersemangat melakukan pemangkasan dengan dibantu oleh petugas pemangkasan dari Dinas Pekerjaan Umum Gianyar dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar. Bahkan Bupati Mahayastra pun ikut hujan-hujanan dalam kegiatan tersebut.

Bahkan halaman Kantor Bupati Gianyar, yang sebelum dijabat Mahayastra kondisinya gersang dan tak terurus. Saat ini diubah menjadi kebun bergaya Jepang yang ditanami bonsai taman di setiap sisi. Selain itu 'gedung hantu' di belakang kantor bupati, kini juga telah berubah menjadi kebun tropis, dan dilengkapi bonsai pot. Tak hanya itu, kini sejumlah proyek taman di ruang publik tengah dibuat. Tak ayal, meskipun hujan dan hari libur, Mahayastra masih menyempatkan diri dalam kegiatan PPBI Gianyar tersebut.

Ketua PPBI Gianyar Gusti Bagus Adi Widhya Utama mengatakan, keterlibatan PPBI memangkas untuk mempercantik pohon perindang di Gianyar, merupakan sebuah bentuk balas budi terhadap Pemkab Gianyar. Sebab selama ini, Pemkab Gianyar selalu mensupport dan menyediakan fasilitas kegiatan PPBI Gianyar, baik dalam pameran dan sebagainya.

"Selama PPBI ada di Gianyar, Pemkab selalu support segala bentuk kegiatan PPBI. Jadi di sini PPBI wajib ikut berperan aktif untuk mendukung pemerintah daerah. Kali ini kita tuangkan dalam bentuk menata pohon untuk mempercantik pasar dan juga Alun-alun Gianyar," ujarnya pria yang karib disapa Bem tersebut.

Gusti Bem mengatakan, bentuk keterlibatan PPBI Gianyar dalam hal ini bukan hanya mengarahkan atau memberikan gambaran cabang atau ranting pohon mana yang harus dipotong. Namun pihaknya juga ikut langsung melakukan pemangkasan. Hanya saja, demi keamanan, untuk pohon-pohon tinggi, dikarenakan dibutuhkan pakaian pelindung, maka pemangkasan dilakukan oleh petugas dengan mengikuti arahan pihaknya.

"Pemangkasan bukan hanya mempercantik. Namun kami juga memperhitungkan supaya dahan-dahan yang rawan patah agar dipangkas, tetapi tetap mempertahankan keindahan pohon," ujarnya.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengatakan, dengan ikut sertanya para PPBI Gianyar dalam menjaga keindahan pohon-pohon di Kabupaten Gianyar, maka di Kabupaten Gianyar saat ini tidak ada pohon gundul atau dipangkas asal-asalan untuk mengindari pohon tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang. "Dengan bantuan PPBI ini akan mempercantik kawasan dengan tetap mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. Tentunya kami dari Pemkab Gianyar sangat mengapresiasi," jelasnya. *nvi

Komentar