nusabali

SMKN 1 Klungkung Pinjamkan 400 HP Tablet

Bantu Belajar Siswa Tak Punya Handphone

  • www.nusabali.com-smkn-1-klungkung-pinjamkan-400-hp-tablet

SEMARAPURA, NusaBali
SMKN 1 Klungkung memberikan fasilitas peminjaman 400 buah HP (handphone) jenis tablet kepada siswa yang HP-nya rusak atau tidak memiliki HP untuk belajar.

Peminjam bisa selama diperlukan dan siswa masih berstatus belajar di SMKN 1 Klungkung.  Kini sekolah sudah meminjamkan 49 HP tablet. Syarat peminjaman, di antaranya siswa harus didampingi orangtua datang ke perpustakaan sekolah, mengisi formulir surat peminjaman. Jika pinjaman ini nanti rusak, siswa cukup membawa HP itu ke sekolah dan memperlihatkan tingkat kerusakannya. "Sekolah kami memiliki 400 tablet, cukup untuk satu tingkat kelas," ujar Kepala SMKN 1 Klungkung, I Wayan Siarsana, Minggu (3/10).

Siarsana menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19 sekolah telah merencanakan kegiatan belajar dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Bantuan HP tablet ini dari pusat yang rencananya digunakan kelas yang tidak dapat laboratorum. Karena pandemi, penggunaan tablet beralih menjadi inventaris perpustakaan, sehingga berfungsi sama seperti buku literatur yang bisa dipinjam oleh siswa. Apalagi di saat pandemi Covid-19, siswa sangat membutuhkan HP untuk belajar daring dari rumah. Dalam HP berisi informasi melalui group siswa, email sekolah, dan google classroom. "Peminjaman HP ini sudah kami umumkan saat rapat orangtua siswa, saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), maupun pengumuman group kelas," kata Siarsana.

Siarsana menambahkan, program peminjaman HP ini sebagai bentuk layanan maksimal kepada siswa. Karena orangtua dan guru memiliki rasa tanggung jawab yang sama berat dalam situasi pandemi. ‘’Siswa harus tetap mendapat layanan pembelajaran secara maksimal," kata Siarsana. *wan

Komentar