nusabali

Mahasiswi ITB STIKOM Bali Sumbang Medali Perunggu PON XX untuk Bali

  • www.nusabali.com-mahasiswi-itb-stikom-bali-sumbang-medali-perunggu-pon-xx-untuk-bali

MIMIKA, NusaBali.com – Dominasi tim judo Bali di PON XX Papua sangat menggembirakan. Sampai hari keempat cabor judo, Sabtu (2/10/2021), Bali mengumpulkan 5 medali emas dan 6 perunggu.

Satu dari enam medali perunggu kontingen Bali turut disumbangkan oleh Tiwi Anjelina. Pejudo yang berstatus mahasiswa ITB STIKOM Bali ini harus puas dengan medali perunggu nomor -45kg.

“Ini PON pertama yang saya ikuti. Alhamdulillah bisa menyumbangkan medali perunggu untuk Bali,” kata Tiwi Anjelina, Minggu (3/10/2021). 

Sebagai peraih medali emas adalah  Anggun Nuraijjah (Jawa Barat), kemudian medali perak diraih Luh Eka Meidiani (Jawa Timur).  Sedangkan medali perunggu  cabor judo yang dimainkan di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Rabu (29/9/2021),  diraih Tiwi bersama pejudo tuan rumah Papua, Nirza. 

Pada pertandingan fase babak penyisihan, Tiwi menghadapi wakil Papua, Nirza. Keduanya saling mengunci dan berusaha menjatuhkan lawan, tetapi hingga waktu berakhir tidak ada yang kalah. Pertandingan dilanjutkan ke golden score dan akhirnya Tiwi keluar sebagai pemenang. 

Sukses mengatasi perlawanan wakil Papua, pada pertandingan selanjutnya yaitu semi final  Tiwi berhadapan dengan wakil Jabar, Anggun Nur Ajijah “Saya lengah, makanya saya kalah tipis. Wakil Jabar itu melaju ke pertandingan berikut dan akhirnya mendapat medali emas,” sebutnya.

Tiwi Anjelina sendiri adalah Miss ITB STIKOM Bali 2019 dan seorang aktivis mahasiswi. Dia juga tercatat sebagai  bendahara Badan Eksekutif Mahasiswa (BALMA) 2021.  Mahasiswi semester 7 program studi Sistem Informasi ini sejak kecil memang menyukai bela diri judo. Ketekunan berlatih membuatnya menorehkan sejumlah prestasi apik. 

Dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2019, Tiwi Anjelina meraih dua medali emas di kelas -45 kg dan kelas kata. Kemudian meraih medali perunggu pada kelas -45 kg putri dalam ajang POMNAS 2019 dan menyabet medali perak kelas -45 kg putri di ajang Jakarta Open Championship 2019. 

Dengan prestasinya itu, Tiwi Anjelina akhirnya terplih menjadi salah seorang atlet Bali untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Bangli pada Juni 2021 selama sebulan dan TC lanjutan di Denpasar selama dua bulan, sebelum diberangkatkan ke arena PON XX Papua.

Atas prestasinya itu Tiwi dan atlet lain peraih medali dalam PON XX Papua siap-siap menerima bonus dari Pemerintah Provinsi Bali.  Bahkan kini Rektor ITB STIKOM Bali Dr Dadang Hermawan dikabarkan juga sudah menyiapkan beasiswa bagi mahasiswinya ini. 

Selain Tiwi, ITB STIKOM Bali sejatinya juga diwakili oleh I Made Aryanta di cabor yang sama, judo,. Sayang, Aryanta yang juga seorang polisi ini gagal menyumbangkan medali karena tersingkir di fase penyisihan. *mao

Biodata Tiwi Anjelina
Nama : Tiwi Anjelina
Tempat/tanggal lahir : Denpasar, 28 Agustus 2000
Anak : Ketiga dari 3 bersaudara
Ayah : N.Hartono
Ibu             : Eko Lilik Sayuri

Pendidikan:
SDN 24 Pemecutan : Tamat Tahun 2012
SMP Dharma Praja : Tamat Tahun 2015
SMA Dharma Praja : Tamat Tahun 2018
ITB STIKOM Bali : Angkatan 2018
Prodi : Sistem Informasi

Prestasi:
1. Miss ITB STIKOM Bali Tahun 2019
2. Porprov Bali tahun 2019 : 2 medali emas
3. POMNAS tahun 2019 : medali Perunggu -45 kg putri
4. Jakarta Open Championship tahun 2019 : medali Perak -45 kg putri
5. PON XX Papua tahun 2021 : medali Perunggu -45 kg putri

Komentar