nusabali

Subak Cempaka Emping Dapat Bantuan 90 Bibit Buah

  • www.nusabali.com-subak-cempaka-emping-dapat-bantuan-90-bibit-buah

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Pertanahan Karangasem bersinergi dengan Bank BPD Bali Cabang Karangasem menyerahkan bantuan 90 bibit buah kepada Subak Abian Cempaka Emping, di Banjar Bhuana Kerta, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Rabu (29/9).

Subak beranggotakan 24 orang itu dapat bantuan bibit manggis sebanyak 30 bibit, alpukat 30 bibit, dan durian 30 bibit. Subak Abian Cempaka Emping juga dapat bantuan cangkul sebanyak 24 buah dan pupuk sebanyak 15 kampil.

Kepala Kantor Pertanahan Karangasem I Gede Ari Wahyudi menyerahkan bantuan bersama Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem Ketut Andayana Kusuma Yasa SE MM. Bantuan secara simbolis diterima Kelian Subak Abian Cempaka Emping I Wayan Tangkas. Bantuan bibit itu merupakan hibah dari Bank BPD Bali Cabang Karangasem bekerja sama dengan Kantor Pertanahan Karangasem. Harapannya bibit itu bisa tumbuh, berkembang, dan menghasilkan buah. Apalagi buah durian, manggis, dan alpukat merupakan buah lokal bernilai ekonomi tinggi.

Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem Ketut Andayana Kusuma Yasa mengatakan membantu bibit sehingga bisa dinikmati selamanya dibandingkan memberikan bantuan pinjaman, petani akan menanggung beban. “Setelah melalui survei, petani cocok dibantu bibit buah. Lahan jadi subur dan sejuk juga menghasilkan buah yang bermanfaat untuk kesejahteraan,” jelasnya. Perbekel Desa Bhuana Giri, I Nengah Diarsa mengapresiasi perhatian Kantor Pertanahan dan Bank BPD Bali Cabang Karangasem yang telah peduli dengan Subak Abian Cempaka Emping. “Kami memang membutuhkan bantuan bibit buah untuk ditanam di lahan perkebunan. Sebab petani masih punya lahan untuk mengembangkan bibit buah itu,” kata Nengah Diarsa. *k16

Komentar