nusabali

Hujan, Banjir Kerap Meluber ke Jalan

  • www.nusabali.com-hujan-banjir-kerap-meluber-ke-jalan

GIANYAR, NusaBali
Beberapa ruas jalan di kawasan Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, kerap digenangi air, terutama saat banjir akibat hujan.

Warga menduga air sungai meluber ke jalan raya karena drainase tersumbat sampah.  Informasi dihimpun, Rabu (29/9), petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, pada September 2021 ini, telah menangani genangan air di jalan raya Desa Blahbatuh. Hampir semua penyebab luberan air itu karena sampah plastik menyumbat saluran air. Genangan air baru bisa ditangani setelah sampah tersebut dibersihkan oleh petugas.

Di tempat lain, di Banjar Selat, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, beberapa hari lalu, air sungai meluber ke jalan hingga menyebabkan banjir. Ketinggian banjir mencapai 30 cm. Ribuan ikan koi yang dipelihara pemuda di sungai setempat, hanyut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar Ni Made Mirnawati mengatakan berdasarkan pengamatan di lapangan, luapan air itu kebanyakan karena terjadi pendangkalan atau sedimentasi. "Jadi bukan karena adanya peningkatan warga membuang sampah ke sungai. Kemungkinan karena adanya sedimentasi atau pengendapan lumpur," jelasnya, Rabu (29/9).

Mirna menegaskan, luberan air tersebut bukan akibat adanya peningkatan pembuangan sampah sembarang.  "Itu karena sedimentasi dan sumbatan sampah di jalan yang hanya ke sungai saat hujan," ujarnya.

Mirna menilai, saat ini masyarakat yang membuang sampah ke sungai sudah berkurang. Sebab, kata dia, hampir semua warga menyadari jika membuang sampah ke sungai, mereka juga akan terkena dampak buruknya. "Tidak ada peningkatan pembuangan sampah ke sungai. Karena semua sadar kalau dibuang ke sungai, mereka juga kena dampaknya," ujarnya. *nvi

Komentar