nusabali

Bupati Giri Prasta Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Berkomitmen Mewujudkan Pengarusutamaan Gender di Badung

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-terima-penghargaan-anugerah-parahita-ekapraya

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Rabu (29/9).

Bupati Giri Prasta menyebut penghargaan ini sebagai bukti komitmen Pemkab Badung dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Bupati Giri Prasta menjelaskan, pelaksanaan kegiatan PUG di Kabupaten Badung, sangat sejalan dengan komitmen Pemkab Badung yang ditetapkan dalam sembilan prioritas pembangunan tahun 2019-2024. Satu di antaranya adalah program perlindungan sosial dan pengarusutamaan gender.

Kebijakan ini, lanjut Bupati Giri Prasta, juga diperkuat dengan terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Badung Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengarusutamaan Gender. Pemkab Badung juga memastikan seluruh kebijakan dan kegiatan telah setara dan adil bagi perempuan, laki-laki, anak, penyandang disabilitas, lansia, dan kelompok rentan lainnya.

Didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Putu Eka Merthawan, Bupati Giri Prasta mengatakan, kebijakan strategis Pemkab Badung juga telah memberi manfaat dalam beberapa indikator PUG di antaranya meningkatnya Indeks Pembangunan Gender (IPG) dari 95 menjadi 95,1, meningkatnya partisipasi perempuan dalam kepengurusan partai politik 33,5 persen, meningkatnya keterpilihan perempuan di legislatif (DPRD) dari 6 persen menjadi 23 persen.

Selain itu, lanjut Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu santunan bagi lansia, pembebasan biaya pendidikan pada anak sekolah serta bantuan pakaian dan perangkat pendukung pendidikan. Kemudian, perhatian yang optimal pada disabilitas sesuai dengan kebutuhan, tatalaksana pencegahan dan penanganan kekerasan perempuan dengan cepat dan tepat sesuai dengan SOP serta dukungan penganggaran pelaksanaan kegiatan yang mendukung PUG di semua OPD dengan membentuk focal poin dan analisis anggaran berbasis gender.

“Secara umum pemerintah Kabupaten Badung akan selalu berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk melaksanakan PUG secara optimal pada tatanan OPD, desa dan masyarakat. Serta akan berusaha meningkatkan standar yang telah ditetapkan, sehingga Kabupaten Badung dapat meningkatkan kategori penghargaan APE pada tahun berikutnya,” ujar Bupati Giri Prasta.

Dikatakan, penggerakan program PGU sangat didukung oleh kinerja dari kelompok kerja (pokja) PGU Kabupaten Badung dengan diketuai oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Pengampu program PUG dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta didukung oleh semua OPD, lembaga masyarakat, perguruan tinggi serta lembaga swadaya masyarakat yang ada di Kabupaten Badung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Kabupaten Badung,” ucap Giri Prasta. *ind

Komentar