nusabali

Pandemi, Koperasi Mesti Terus Berinovasi

  • www.nusabali.com-pandemi-koperasi-mesti-terus-berinovasi

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan pengelola koperasi dapat mengembangkan inovasi usaha dalam kondisi pandemi Covid-19.

Bupati menekankan itu saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (28/9) pagi.

Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa, Ketua (Demisioner) Dekopinda Klungkung, Ngakan Made Nata, dan undangan lainnya.

Bupati Suwirta berharap koperasi bisa melakukan revitalisasi dan inovasi-inovasi usaha dimasa pandemi. Karena pandemi berdampak signifikan terhadap perkembangan koperasi di Klungkung. Antara lain, penjualan menurun, permodalan, hingga kredit macet. Melalui musda, Bupati berharap Dekopinda mampu meningkatkan perkembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Klungkung serta meningkatkan kualitas koperasi dan SDM anggota koperasi.

Bupati Suwirta mengingatkan jajaran Dekopinda  memilih pengurus yang bisa mengkoordirnir dan membawakan Dekopinda ke arah lebuh baik kedepannya. Pengurus agar bisa mengembangkan koperasi zaman now sesuai perkembangan teknologi informasi dan tetap mempertahakan jati diri koperasi.

Musda diawali dengan pemaparan program kerja yang sudah berjalan oleh Ketua Dekopinda Klungkung (demisioner) Ngakan Made Nata. Di antaranya, program kerja pada Oktober 2020 Dekopinda Klungkung menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) proposal Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM). Langkah ini untuk penguatan modal koperasi, terutama koperasi simpan pinjam. Karena banyak koperasi mengalami penurunan likuiditas di tengah pandemi Covid-19. Dekopinda memfasilitasi koperasi yang mengajukan pinjaman dana ke LPDB-KUMKM.

Selanjutnya, jelas Nakan Nata, Dekopinda melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kantor-kantor koperasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Slain itu, mengimbau warga menerapkan prokes untuk mencegah kemunculan penyebaran Covid-19 dari klaster koperasi, dan kegiatan lain.

Ketua Panitia Musda Komang Sri Andayani mengatakan Musda ini diselenggarakan untuk membahas dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban dari seluruh anggota Dekopinda tahun buku 2020. Dia menambahkan, Musda ini dihadiri seluruh pengurus Dekopinda Kabupaten Klungkung. Musda juga untuk memilih Ketua Dekopinda periode 2021-2026. *wan

Komentar