nusabali

Denpasar Gelar DYouth Festival 2021

Digelar Sebulan Penuh, Fasilitasi Kreativitas Pemuda di Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-denpasar-gelar-dyouth-festival-2021

Walaupun dalam situasi pandemi, ekspresi dan kreativitas anak muda Denpasar dapat terakomodir dengan tetap menerapkan Prokes ketat.

DENPASAR, NusaBali

Denpasar Youth Festival 2021 dengan sebutan D’Youth Fest 2021 siap digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar selama sebulan penuh. Perhelatan sebagai wadah ide kreatif bagi anak muda Denpasar ini akan diselenggarakan dari 17 Oktober hingga 17 November mendatang yang dipusatkan di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Kreatif Hub, Lumintang, Denpasar.

“Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, ekspresi hingga kreativitas anak muda Denpasar dapat terakomodir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat,” ujar Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Selasa (28/9) saat memimpin rapat persiapan kegiatan D’Youth Fest 2021 di kantor Walikota Denpasar.

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Pj Sekda Kota Denpasar I Made Toya, Kadis Pariwisata Denpasar Dezire Mulyani, Kabid Pengembangan dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Denpasar I Wayan Hendaryana, Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kota Denpasar Putu Yuliartha, dan tim D’Youth Fest 2021.

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan kegiatan D’Youth Fest 2021 dapat memberikan pacuan semangat kreativitas insan muda Denpasar yang terus bergerak meski di tengah situasi pandemi saat ini. Sehingga dalam situasi pandemi ekspresi anak muda Denpasar dapat diberikan ruang berkreativitas, namun tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Pelaksanaan D’Youth Fest 2021 akan digelar secara online dan offline yang dipusatkan di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA). Untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19, di samping melengkapi dengan sarana dan prasarana Prokes Gedung DNA juga dilengkapi dengan aplikasi pedulilindungi.

“Tantangan saat ini pada masa pandemi kreativitas dapat berjalan beriringan dengan peningkatan ekonomi dan kesehatan. Sehingga dalam event ini dapat menjadi sebuah ruang edukasi, kreativitas dan kesehatan,” ujar Jaya Negara. Selebihnya disampaikan pula bahwa dalam pelaksanaan kegiatan D’Youth Fest 2021 dapat menjadi program padat karya bagi anak-anak muda Denpasar yang memberikan kemanfaatan. Karena saat ini anak muda cukup kreatif, memiliki akses dan inovasi yang bergerak dari bidang UKM hingga digital ekonomi sebagai salah satu program padat karya.

“Pandemi Covid-19 memaksa anak muda untuk memacu diri, dan pemerintah memberikan ruang ekspresi yang dapat berjalan beriringan dalam kreativitas, ekonomi dan kesehatan,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kadis Pariwisata Dezire Mulyani didampingi Kabid Pengembangan dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Denpasar I Wayan Hendaryana menyampaikan festival khusus untuk para generasi muda berumur 15-35 tahun.

Adapun lomba-lomba yang akan diadakan tersebut, yakni lomba pantomim, tari tradisional, busana adat, lagu pop, aransemen lagu, lomba gong suling virtual, baleganjur virtual, choreography dance, kostum karnaval dan festival, desain ilustrasi, video kreatif media TikTok, cover jingle, pameran seni badan birokrasi, Denpasar barber fiesta, skateboard, signature barista, mini 4 WD (Tamiya), student band, dan fotografi.

Semua pendaftaran lomba dilakukan pada website www.dyouthfest.com.  Kegiatan D’Youth Festival akan menerapkan sistem registrasi pengunjung, guna membatasi jumlah masyarakat yang hadir menyaksikan Dyouth Festival.

D’Youth Festival pun juga menyiapkan doorprize berupa merchandise dari beberapa usaha pakaian lokal yang ada di Denpasar. “Diadakannya doorprize tersebut untuk mendorong masyarakat agar dapat mendukung pelaku UMKM lokal yang ada di Kota Denpasar,” ujar Dezire Mulyani. *mis

Komentar