nusabali

Pemkab Gianyar Bangun Taman Penitipan Anak Hampir Rp 1 M

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-bangun-taman-penitipan-anak-hampir-rp-1-m

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar kini membangun Taman Penitipan Anak (TPA) di Jalan Manik, Kelurahan Gianyar.

Proyek bernilai Rp 975 juta atau hampir Rp 1 miliar ini dibawah koordinasi Dinas Pendidikan Gianyar.
Konsultan pengawas proyek CV Manar Jaya dan rekanan CV Mika Jaya, waktu kerjak 120 hari. Pantauan di lokasi proyek, Minggu (26/7), saat ini pekerjaan kini tahap pemasangan konstruksi kerangka besi dan pengeringan konstruksi lantai. Menurut buruh proyek setempat, pengerjaan konstruksi sempat terkendala karena pembongkaran gedung sebelumnya molor. Namun demikian, TPA ini dipastikan tuntas 5 Desember 2021.

Untuk diketahui, era kepemimpinan Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata, Pemkab Gianyar telah membuat TPA dengan memanfaatkan sudut bangunan di Pendopo Pemkab. Kini bangunan itu telah diubah jadi bagian Sekretariat TP PKK Kabupaten Gianyar. TPA itu pun lenyap. Saat itu, TPA dimanfaatkan ibu-ibu kalangan pegawai Pemkab Gianyar untuk menitipasuh bayi mereka.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Gianyar Made Suradnya mengatakan proyek TPA tersebut sudah dimulai pekan lalu. TPA ini akan dibuat serepresentatif mungkin, sehingga ibu-ibu yang menitipkan anak bisa percaya dan anak yang dititipkan betah di TPA. TPA ini akan mempekerjakan staf dari unsur dokter anak, tenaga perawat bayi dan tukang masak untuk kebutuhan bayi. “Kami perlu perawat khusus anak, karena yang dirawat anak umur 0 - 3 tahun. SDM yang dipersiapkan harus benar-benar terampil,” bebernya.

Dia mengaku sedang mencari formulasi pengelola TPA tersebut. "Apakah nanti Pemkab bisa mengelola atau diberikan ke pihak ketiga atau opsi lain," ujarnya. Dikatakan, membangun dengan anggaran dari Pemerintah Pusat, sesuai dengan audensi yang dilakukan tahun 2019. Dijelaskan, tahun 2022 TPA ini sudah beroperasi, dengan catatan tersedia peralatan dan SDM. *nvi

Komentar