nusabali

KSR PMI Buleleng Borong Juara

Lomba Kepalangmerahan KSR-PMI Unit Universitas Warmadewa

  • www.nusabali.com-ksr-pmi-buleleng-borong-juara

Keempat juara tersebut mewakili seluruh kategori lomba yang digelar. Mulai dari lomba karya tulis ilmiah, lomba podcast, lomba vlog dan lomba pertolongan pertama.

SINGARAJA, NusaBali

Tim Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KRS-PMI) Kabupaten Buleleng berhasil memborong juara dalam lomba kepalangmerahan. Prestasi membanggakan tersebut diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Unit Universitas Warmadewa Denpasar dalam lomba Warmadewa First Aid Competition (WEFACT) Tingkat KSR-PMI se-Bali Nusra.

Keempat juara tersebut mewakili seluruh kategori lomba yang digelar. Mulai dari lomba karya tulis ilmiah, lomba podcast, lomba vlog dan lomba pertolongan pertama. Seluruh lomba tersebut dilangsungkan pada 17-18 September lalu yang dilaksanakan secara online. Koordinator Forum Sukarelawan PMI Buleleng, Yoni, saat dihubungi melalui saluran telepon, Sabtu (25/9) mengatakan, hasil kerja keras seluruh KSR akhirnya membuah hasil. Panitia penyelenggara mengumumkan hasil lomba pada Jumat (24/9) lalu.

Buleleng sebenarnya mengirimkan 3 grup yakni dari KSR-PMI Unit Markas yang ikut. Peserta lomba KSR-PMI Buleleng diwakili oleh KSR-PMI Unit Markas Buleleng, KSR-PMI Unit STAHN Mpu Kuturan, dan KSR-PMI Unit Undiksha Singaraja. Masing-masing grup mengikuti semua kategori lomba.

“Hasilnya pada lomba pertolongan pertama dapat juara 1 dan 3, lomba podcast juara 1, lomba vlog juara 2 dan 3 serta lomba karya tulis ilmiah berhasil meraih juara 1,” kata Yoni. Selain berhasil meraih juara di seluruh bidang lomba, Buleleng satu-satunya daerah yang mengirimkan peserta dari KSR.

Sementara itu, Anggota Tim Pembina Pendidikan dan Latihan (TP2L) PMI Kabupaten Buleleng bidang Pertolongan Pertama I Nyoman Budiadnyana menjelaskan peserta asal Bali diantaranya ada dari Buleleng 3 grup, Badung 2 grup, dan 5 grup dari Denpasar.

Menurutnya satu unit KSR itu harus mengirim 1 tim yang terdiri dari 8 orang dan mengikuti 4 jenis lomba. Masing-masing 3 orang mengikuti Simulasi Pertolongan Pertama, 2 orang ikut lomba Karya Tulis Ilmiah terkait kegiatan relawan di masa pandemi, 2 orang ikut lomba podcast dengan tema mencegah stress di masa pandemi, dan satu orang lagi akan mengikuti lomba vlog terkait kegiatan relawan dimasa pandemi.

“Tiga tim kami sudah disiapkan sejak Bulan Agustus lalu. Mereka yang ikut kami prioritaskan anggota dasar. Tujuannya untuk menambah wawasan, sehingga tak hanya mengejar juara saja, tetapi lebih ke pengembangan wawasan anggota dasar KSR-PMI,” kata Budiadnyana. *k23

Komentar