nusabali

Carangsari Masuk 50 Besar Nominasi Desa Wisata Indonesia Bangkit

  • www.nusabali.com-carangsari-masuk-50-besar-nominasi-desa-wisata-indonesia-bangkit

MANGUPURA, NusaBali
Desa Carangsari, Kecamatan Petang masuk 50 besar nominasi Desa Wisata Indonesia Bangkit.

Hal tersebut terungkap saat Desa Carangsari ditinjau oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Ibu Nur Asia Sandiaga Uno, serta tim penilai nominator Desa Wisata Indonesia Bangkit, Sabtu (25/9).

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Bencingah Puri Agung Carangsari didampingi langsung Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, juga ikut langsung menerima kunjungan tersebut.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno beserta rombongan disambut masyarakat Desa Carangsari dengan pementasan Barongsai, Tari Anoman, dan Tari Baris. Di samping itu, salah satu tokoh masyarakat Carangsari memaparkan tentang Desa Wisata Carangsari, di mana di Desa Carangsari ada sebuah puri yang bernama Puri Agung Carangsari yang merupakan pusat peradaban Desa Carangsari sejak zaman dahulu. Di Puri Agung Carangsari juga terlahir salah satu Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang bernama I Gusti Ngurah Rai.

Menparekraf Sandiaga Uno juga mendengarkan penjelasan seputar desa wisata yang ada di Desa Carangsari, antara lain adanya monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, cagar budaya yang terletak di Pura Puseh Kangin Desa Carangsari. Kemudian ada juga Wisata Alam Taman Beji Samuan.

Pada kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno menginstruksikan kepada tim dari kementerian untuk membantu program-program yang belum sempurna untuk disempurnakan, seperti kemasan kuliner nusantara. “Kami akan ditindaklanjuti dengan waktu 4 bulan, supaya kemasannya lebih baik dan berkualitas, karena ini akan disajikan untuk tamu undangan dari G20,” katanya.

Sementara, Sekda Adi Arnawa merasa sangat bangga atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno di Kabupaten Badung, khususnya di Desa Carangsari, yang masuk 50 besar nominasi Desa Wisata Indonesia Bangkit. “Mudah-mudahan atas kedatangan Menparekraf ke Desa Carangsari, menjadi awal dan langkah baik buat pemulihan pariwisata Bali pada umumnya. Agar perkembangan ekonomi bisa pulih kembali seperti sedia kala dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa,” katanya. *ind

Komentar