nusabali

Jelang AN, Sejumlah SMA Antisipasi Gangguan Internet

  • www.nusabali.com-jelang-an-sejumlah-sma-antisipasi-gangguan-internet

AMLAPURA, NusaBali
Sejumlah SMA di Karangasem jelang asesmen nasional (AN) menyiapkan kartu seluler untuk antisipasi gangguan internet.

Pihak sekolah juga beralih menggunakan laptop yang lengkap dengan penangkap signal internet. Sekolah lainnya juga ada beralih ke langganan internet yang disiapkan provider lain.  Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik, mengaku telah menyiapkan kartu seluler untuk dimasukkan ke HP siswa. “Kami siapkan paket data seluler. Tiap HP bisa digunakan untuk berdua menggunakan jaringan hotspot,” jelas Ketut Jelantik, Jumat (24/9). Sementara komputer yang telah disiapkan untuk AN tidak bisa digunakan karena tanpa penangkap signal. Maka SMA PGRI Amlapura beralih menggunakan laptop. “Kami punya 15 laptop untuk digunakan saat AN,” ungkap Ketut Jelantik.

Sebanyak 45 siswa yang masuk daftar ikut AN dibagi tiga shift. AN berlangsung selama dua hari pada tanggal 27-28 September 2021. Tiap shift menghadirkan 15 siswa. SMA PGRI Amlapura juga menyiapkan 5 siswa sebagai cadangan. “Kami meniru SMK WWG (Widya Wisata Graha) Amlapura yang melaksanakan AN menggunakan paket data seluler,” ungkap Ketut Jelantik. Sementara Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengatakan, jadwal AN pada tanggal 29-30 September 2021. “Kami menggunakan dua jaringan, jika salah satunya bermasalah, yang lainnya kami yakini lancar,” ungkap Ketut Marta Ariana.

Sedangkan Kasek SMAN Rendang, Putu Sudibawa mengaku telah mengalihkan jaringan internet ke provider lain karena Indihome bermasalah. “Proktor dan teknisi sedang mengalihkan internet ke jaringan lain, antisipasi jika IndiHome tetap bermasalah,” jelas Putu Sudibawa. AN di SMAN Rendang dijadwalkan pada 27-28 September. Para siswa telah menjalani simulasi dua kali dan gladi sekali. Selama masa simulasi dan gladi tidak ada kendala internet. “Secara teknis kami siap karena telah ada alternatif ke jaringan internet selain IndiHome,” jelas mantan guru SMAN Sidemen itu. *k16

Komentar