nusabali

Jalan di Penida Kelod Ambles, Truk Tak Bisa Melintas

  • www.nusabali.com-jalan-di-penida-kelod-ambles-truk-tak-bisa-melintas

BANGLI, NusaBali
Hujan deras mengakibatkan bahu jalan di ruas jalan Tembuku-Penida, tepatnya di Dusun Penida Kelod, Desa/Kecamatan Tembuku, Bangli ambles, Kamis (23/9). Truk tidak bisa melintas di jalur tersebut.

Selain menyebabkan kerusakan jalan, air hujan juga menggerus lahan persawahan warga. Perbaikan jalan diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 186 juta.

Perbekel Desa Tembuku, I Ketut Mudiarsa, mengatakan bahu jalan sudah ambles paada Sabtu (11/9) lalu. Pada Kamis (23/9) kembali turun hujan lebat sehingga kerusakan tambah parah. “Kini jalan tidak bisa dilewati kendaraan besar jenis truk,” ungkap Mudiarsa, Jumat (24/9). Menurut Mudiarsa, di bawah bahu jalan terdapat gorong-gorong air.  Volume air yang besar mengakibatkan gorong-gorong dengan konstruksi tanah itu jebol dan menyebabkan bahu jalan ikut ambles. “Panjang bahu jalan yang ambles sekitar 20 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter,” jelas Mudiarsa.  

Menurut Mudiarsa, saat kejadian pertama telah melaporkan amblesnya bahu jalan ke Dinas PUPR Perkim Bangli. “Kami sudah mengajukan permohonan kepada bapak bupati untuk penanganan jalan tersebut,” jelasnya. Dikatakan, Bupati Bangli mengalokasikan anggaran perbaikan pada APBD Perubahan sebesar Rp 186 juta. Mudiarsa mengingatkan pengguna jalan memanfaatkan jalur lain. Selain membayakan pengguna jalan, juga bisa menambah kerusakan. Jalur alternative bisa melewati Banjar Tingkad Batu Desa Jehem. *esa

Komentar