nusabali

Paguyuban Seniman Bali Temui Bupati Giri Prasta

Berencana Gelar Upacara Pamlepeh Jagat di Pura Dalem Ped Nusa Penida

  • www.nusabali.com-paguyuban-seniman-bali-temui-bupati-giri-prasta

MANGUPURA, NusaBali
Paguyuban Seniman Bali menemui Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Rumah Jabatan, Jumat (24/9).

Ini terkait dengan rencana menggelar upacara Pamlepeh Jagat, untuk memohon keselamatan dari bencana dan gejolak sosial yang terjadi akhir-akhir ini. Pelaksanaan upacara Pamlepeh Jagat di Pura Dalem Ped Nusa Penida puncaknya jatuh pada tanggal 6 Oktober 2021 mendatang.

Perwakilan Paguyuban Seniman Bali Komang Dedi Diana, mengatakan di tengah kondisi seperti saat ini para seniman Bali terketuk hatinya ikut ambil bagian bersama dengan masyarakat dan pemerintah untuk berusaha mewujudkan kondisi Bali, Indonesia, dan dunia agar bisa segera bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19. “Kami para seniman Bali dengan rasa tulus ikhlas akan menggelar upacara Pamlepeh Jagat yang akan kita pusatkan di Pura Dalem Ped Nusa Penida. Dengan harapan melalui pelaksanaan upacara yadnya ini kita semua bisa bangkit dan alam bisa pulih dari pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara Bupati Giri Prasta, mendukung penuh rencana dari Paguyuban Seniman Bali. “Semoga rencana mulia semeton seniman Bali dalam menggelar upacara pamlepeh jagat untuk mewujudkan kerahayuan bhuana agung dan bhuana alit bisa memargi antar labda karya sida sidaning don,” harapnya.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini mengapresiasi langkah inisiatif dari Paguyuban Seniman Bali yang turut serta mendoakan Bali semoga terjaga keharmonisannya. “Upacara itu sebagai wujud usaha kita agar bisa dekat dan mendapatkan berkah Ida Sang Hyang Widhi Wasa terlebih dalam pandemi Covid-19 ini, di Agama Hindu kita kenal dengan gering agung sabsab dan merana. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan upacara ini kondisi jagat bisa kembali normal,” kata Giri Prasta.

Secara khusus Bupati Giri Prasta juga memberikan dukungan terhadap rencana pelaksanaan upacara tersebut dengan memberikan punia pribadi sebesar Rp100 juta. *ind

Komentar