nusabali

Bank BPD Bali dan Kantor Pertanahan Bersinergi Bantu Petani

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-dan-kantor-pertanahan-bersinergi-bantu-petani

AMLAPURA, NusaBali
Bank BPD Bali bersinergi dengan Kantor Pertanahan Karangasem menyediakan bantuan hibah paket alat olahan hasil panen singkong dan 100 bibit tanaman buah kepada dua kelompok tani di Karangasem.

Subak Abian Banjar Pon mendapatkan alat pengolah hasil panen sementara Subak Abian Banjar Buana Kerta dapat bantuan 100 bibit durian dan manggis. Rencananya penyerahan bantuan di Subak Banjar Poh pada tanggal 27 September dan si Subak Banjar Buana Kerta pada tanggal 29 September 2021.

Kasubag Tata Usaha Kantor Pertanahan Karangasem Ida Ayu Made Patni Dwi Ambarawati SH didampingi Kasi Penataan dan Pemberdayaan Sulistiorini Pelita Dewi mengatakan bantuan senilai Rp 10 juta telah dibelikan alat potong singkong, kompor untuk memasak, alat masak, dan lainnya. Alat itu nantinya digunakan mengolah singkong jadi barang bernilai ekonomis yang dikemas, sehingga punya nilai jual lebih.

Teknis pengoperasian alat nantinya dibantu Dinas Koperasi dan UKM Karangasem, sedangkan pemasaran dibantu Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “Kami melibatkan instansi terkait yang bersinergi. Bantuan alat olahan hasil pertanian itu untuk Kelompok Subak Abian Banjar Poh, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem,” jelas Ida Ayu Ambarawati, Kamis (23/9). Berdasarkan survei di Banjar Poh, hasil perkebunan lebih dominan alpukat. Namun hasil singkong belum maksimal. Selama ini singkong hanya dikonsumsi dan dijadikan pakan ternak.

Sementara Sulistiorini berjanji membantu memasarkan hasil olahan singkong, minimal dipasarkan di Kantor Pertanahan Karangasem dan sekitarnya. “Hasil produksinya nanti berupa kripik singkong, kami siap bantu pemasarannya,” jelas Sulistiorini. Diharapkan dari hasil olahan singkong itu, bisa menyejahterakan anggota Subak Abian Banjar Poh yang berjumlah 75 KK. Sedangkan Subak Abian Banjar Buna Kerta anggotanya 24 KK. *k16

Komentar