nusabali

DKPP Salurkan Bantuan Chest Freezer

Bantu Pemasaran Produk Ikan

  • www.nusabali.com-dkpp-salurkan-bantuan-chest-freezer

SINGARAJA, NusaBali
Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, memberikan bantuan 6 unit Chest Freezer atau mesin pembeku ikan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklahsar)  di Kabupaten Buleleng.

Bantuan tersebut disalurkan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Buleleng, pada Kamis (23/9) pagi. Kepala Dinas KPP Buleleng, I Gede Putra Aryana menyampaikan, bantuan tersebut diberikan tepat sasaran kepada kelompok yang membutuhkan. Sebelumnya, kelompok penerima bantuan tersebut mengajukan proposal lebih dulu. Sementara, bantuan unit mesin pembeku yang diberikan senilai Rp 4.590.300.

Adapun kelompok yang menerima yakni, Poklahsar Karya Sejati, Poklahsar Maniking Beraban, dan Poklahsar Mekar Sarin Segara di Desa/Kecamatan Kubutambahan, kemudian Poklahsar Dwi Sada Samudra di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Poklahsar Putri Taruna Samudera di Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, dan Koperasi Pemasaran Hasil Perikanan Teja Amertha Dewata di Desa/Kecamatan Tejakula.

Putra Aryana berharap, dengan bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan para kelompok. "Tentunya ini bisa dimanfaatkan minimal oleh para kelompok, atau secara luas masyarakat Buleleng. Ini untuk menjaga ketahanan pangan, apalagi distuasi pandemi seperti sekarang," ujar Putra Aryana.

Sementara itu, Ketua Koperasi Teja Amerta Dewata Desa Tejakula, Bagus Ari Sudana yang menjadi salah satu kelompok penerima bantuan mengatakan, dengan bantuan yang diberikan akan sangat bermanfaat untuk koperasinya. Karena, ketika hasil tangkapan dari nelayan berlimpah, ikan bisa simpan terlebih dahulu untuk menghindari harga anjlok di pasaran.

"Biasanya ada ikan banyak langsung menjual ke pasaran, sehingga harganya jauh lebih murah. Jadi dengan bantuan ini kita  bisa stok ikan dulu," kata Ari Sudana. *mz

Komentar