nusabali

Rutan Negara Tunjuk 20 Napi jadi Duta Zero Halinar

  • www.nusabali.com-rutan-negara-tunjuk-20-napi-jadi-duta-zero-halinar

NEGARA, NusaBali
Pihak Rutan Kelas IIB Negara melaksanakan apel dalam rangka kegiatan deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama mewujudkan zero Halinar (handphone, pungli dan narkoba) di lapangan apel Rutan setempat, Rabu (22/9).

Dalam kegiatan itu, dari pihak Rutan Negara juga dikukuhkan 20 orang narapidana sebagai Duta Zero Halinar. Dalam apel yang juga diikuti para warga binaan pemasyarakatan (WBP) itu, dilaksanakan pembacaan deklarasi komitmen bersama mewujudkan Rutan Negara zero Halinar oleh perwakilan pegawai dan perwakilan WBP yang diikuti oleh seluruh peserta apel.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi komitmen bersama mewujudkan Rutan Negara zero Halinar oleh perwakilan pegawai melalui para pejabat struktural yaitu Kepala Subsi Pengelolaan, Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, dan Kepala Pengamanan Rutan serta perwakilan WBP.

Setelah deklarasi dan penandatangan komitmen bersama itu, dilakukan pengukuhan dan penyerahan piagam penghargaan kepada para Duta Zero Halinar.

Sebelum penutupan apel tersebut, juga dilakukan penandatangan komitmen bersama mewujudkan Rutan Negara zero Halinar oleh seluruh peserta apel. Di akhir kegiatan apel itu, juga dilaksanakan penyampaian tugas dan fungsi  serta pemberian baju kepada para Duta Zero Halinar oleh Kepala Rutan Negara, Bambang Hendra Setyawan yang juga bertindak sebagai pembina apel.

Kepala Rutan Negara, Bambang Hendra Setyawan mengatakan, kegiatan deklarasi dan penandatangan komitmen bersama mewujudkan zero Halinar ini, bagian menindaklanjuti instruksi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Terutama dalam melakukan deteksi dini dalam upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan. “Untuk pegawai Rutan Negara, kita harapkan memiliki niat baik dan tekad yang tinggi dengan tujuan dapat melaksanakan tugas dan fungsi dalam melakukan pembinaan pada anak didik. Agar dapat menjadikan anak didik menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab,” ucapnya.

Serangkaian kegiatan tersebut, juga dilaksanakan pengukuhan Duta Zero Halinar di Rutan Negara ini. Sebanyak 20 orang WBP yang dikukuhkan sebagai Duta Zero Halinar itu pun merupakan perwakilan masing-masing ketua kamar dan beberapa merupakan narapidana kasus narkotika. Para WBP yang dipercaya sebagai Duta Zero Halinar ini, diharapkan bisa menjadi contoh dan bersama-sama terlibat dalam menciptakan zero Halinar di Rutan Negara.

“Kegiatan zero Halinar ini saya harapkan dapat terimplementasi sesuai dengan deklarasi komitmen bersama. Guna mewujudkan misi dalam meminimalisir stigma negatif tentang pemasyarakatan oleh masyarakat luar. Dan tentunya dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban pada Rutan Negara,” ucap Bambang Hendra Setyawan. *ode

Komentar