nusabali

Manajemen Hotel Optimistis Okupansi Meningkat

Apresiasi Penurunan Level PPKM

  • www.nusabali.com-manajemen-hotel-optimistis-okupansi-meningkat

DENPASAR,NusaBali
Kalangan manajemen hotel optimistis ada  peningkatan okupansi atau tingkat penghunian hotel (TPK) ke depan.

Hal itu menyusul  penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Bali dari level 4 ke level 3 dengan sejumlah kelonggaran dengan syarat yang telah ditetapkan Pemerintah.

"Kita ucapkan terimakasih terhadap kerja keras pemerintah, baik pusat maupun pemda, institusi dan masyarakat dalam krisis Covid-19," ujar Ricky Putra, GM Six Senses, Uluwatu, Kuta Selatan Badung, Selasa(21/9).

Berkat kerja keras itu perkembangan penanggulangan pandemi Covid-19 menunjukkan trend positif sehingga status PPKM untuk Bali mengalami penurunan atau pelonggaran. "Ini menjadi barometer bagus, penanganan Covid-19 di Indonesia tentunya Bali juga" ujarnya.

Hal itu lanjutnya, akan memberi rasa percaya diri kepada orang luar maupun wisman, merasa dan nyaman datang ke Bali.

Karenanya menurut Ricky Putra, perkembangan positif penanganan pandemi dan penerapan prokes  menjadi promosi secara tak langsung bagi pariwisata Bali .

"Jadi marketing tool bahwa Bali aman dan nyaman dikunjungi," kata Ricky Putra. Perkembangan positif dari pelonggaran PPKM juga ditunjukkan dengan peningkatan jumlah kedatangan  wisatawan domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kata Ricky belakangan jumlah kedatangan wisatawan domestik  antara 3.500 - 4.500 orang. Sedang sebelumnya hanya 400-500 orang

Seiring  pertumbuhan  penumpang atau wisatawan domestik itulah diyakini berpengaruh pada okupansi hotel. Ricky Putra optimistis tingkat hunian hotel akan meningkat ke depan. Dari rata-rata satu digit, menjadi dua digit.

Di pihak lain pihak hotel juga sudah siap beroperasi melayani tamu.Contohnya  Six Senses Uluwatu, Badung. "Sertifikasi CHSE kami sudah satu tahun," ungkap Ricky Putra.

Selain itu juga  test swab kepada karyawan. Selalu siap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. "Kami tetap aktif kampanye prokes baik kepada tamu, karyawan dan keluarganya," kata dia.  Yang terbaru adalah wajib penerapan aplikasi Pedulilindungi bagi tamu atau pengunjung hotel.

"Kami sudah  pasang  QR Code Pedulilindungi," tandasnya. Diharap dengan disiplin prokes CSHE, semua semakin baik. Tambah  Ricky Putra,  Six Senses Uluwatu salah satu hotel yang tidak tutup sejak mulai pandemi Covid-19,Maret 2020. Salah satu alasannya adalah pertimbangan psikologi karyawan. "Agar masih bisa tetap bekerja, " tandas Ricky Putra. *k17

Komentar